Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Coba 4 Investasi Cuan Ini untuk Menyiapkan Dana Pendidikan

20 Juni 2022



Investor pemula yang mulai terjun di dunia pasar modal pada 2020 sudah pasti menuai cuan pada saat ini. Maklum, saham di bursa efek yang sempat anjlok dan membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menyentuh angka 3000-an pada 2020 sudah rebound ke angka 7000-an pada kuartal 1 2022. Artinya, investor yang mulai 'petualangan' di pasar modal pada awal pandemi covid-19 sudah cuan 100% persen pada saat ini. 

Hasil cuan dari pasar modal dalam dua tahun terakhir banyak yang digunakan untuk kebutuhan jangka pendek. Ada yang merenovasi rumah, membeli mobil/motor, membeli gadget anyar, hingga membeli road bike yang kebetulan sedang tren.

Lantas, bagaimana untuk kebutuhan jangka panjang seperti pendidikan anak? Dana dari pos mana yang sebaiknya digunakan? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan berikut ini:

1.    Tabungan Pendidikan 
Jenis tabungan ini disediakan oleh bank dan memiliki bunga berkisar 2-3% per tahun. Dengan bunga keuntungan yang tidak terlalu besar, Anda harus menabung dalam waktu yang lama atau minimal lima tahun bila ingin merasakan manfaatnya.

2.    Deposito
Uang yang telah didepositokan hanya dapat dicairkan saat tiba tanggal jatuh tempo. Biasanya jangka waktunya tiga, enam, dan 12 bulan atau bahkan lebih. Penarikan sebelum akhir kontrak akan menyebabkan Anda terkena penalti dari pihak bank. Meski begitu, keuntungan dari deposito masih lebih baik bila dibandingkan menabung secara konvesional di bank. 

3.    Investasi Reksa Dana
Dana yang Anda punya akan dikelola di pasar modal, pasar uang, dan obligasi. Bedanya dengan investasi saham perorangan, modal Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Untuk keperluan jangka panjang, sebaiknya memilih investasi reksa dana pasar saham.

4.    Asuransi Pendidikan 
Asuransi pendidikan dilengkapi dengan perlindungan jiwa. Sehingga, uang jaminan pendidikan untuk anak akan tetap dibayarkan meskipun orang tua sebagai pemegang polis meninggal dunia. Ada pula asuransi pendidikan yang memberikan Uang Pertanggungan (UP) hingga 200% bila Tertanggung bertahan hidup hingga masa kontrak atau UP hingga 200% bila Tertanggung meninggal karena kecelakaan. Nah, UP tersebut bisa digunakan oleh ahli waris untuk membayar biaya pendidikan.

Sequis menyediakan asuransi pendidikan dan juga investasi reksa dana yang dapat menjadi solusi dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Simak produknya di www.sequis.co.id. Bila memerlukan bantuan, tersedia pula layanan Sequis care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.
 

Butuh bantuan ?