Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Contoh Asuransi Jiwa, Tanda Cinta untuk Keluarga

12 Desember 2023



Ada sebuah kisah pilu yang menceritakan mengenai finansial keluarga. Awalnya, ayah selaku kepala keluarga tutup usia dan meninggalkan pasangan serta tiga anak yang masih bersekolah. Aset yang ditinggalkan berupa properti yang tidak likuid. 

Pasca ditinggalkan ayah, kondisi ekonomi keluarga mulai ‘terguncang’. Warisan property yang belum ‘cair’ membuat biaya pemakaman sulit untuk dilunasi. Selain itu, beban keuangan bertambah berat karena kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari juga harus dibeli.

Baca Juga: Ilustrasi Asuransi: Memaksimalkan Warisan dari Asuransi Jiwa

Kisah nahas seperti itu sudah sepatutnya tidak dialami oleh siapapun. Untuk terhindar dari krisis finansial akibat ditinggal kepala keluarga, ada baiknya sudah melindungi keluarga dengan asuransi jiwa. Sebab, asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai proteksi, investasi, dan warisan. Intinya, asuransi akan meminimalkan risiko/beban finansial yang ditimbulkan saat nasabahnya jatuh sakit, kecelakaan, hingga kematian. Jadi, nasabah asuransi tidak perlu lagi mencemaskan kehidupan keluarga bila risiko-risiko tersebut muncul karena ahli waris (penerima manfaat asuransi) akan diberikan sejumlah Uang Pertanggungan (UP) sesuai dengan ketentuan polis. Dengan kata lain, asuransi akan menjadi warisan buat orang-orang yang ditinggalkan.

Baca Juga: Simak Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka

Memilih asuransi jiwa terbaik sebagai warisan untuk keluarga makin terasa sebagai sebuah langkah tepat karena UP (uang pertanggungan) bisa langsung dimanfaatkan oleh keluarga. Ini tentunya berbeda dengan bentuk warisan lain seperti rumah, harta, atau tanah yang harus melalui proses pemindahan tangan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ahli waris.

Simak beberapa contoh asuransi jiwa yang bisa digunakan sebagai proteksi keuangan keluarga. 

1.    Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)
Ini adalah salah satu contoh asuransi jiwa yang memberikan manfaat berupa proteksi dalam jangka waktu tertentu. Pilihan jangka waktu kontrak yang ditawarkan biasanya selama 5, 10, 15, atau 20 tahun. Preminya relatif murah. Jangka waktu yang bisa Anda ambil dapat disesuaikan dengan masa produktif Anda, atau selama Anda masih membiayai keluarga atau orang tua.

Baca Juga: Apa Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa?

2.    Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
Asuransi jiwa ini memberikan perlindungan asuransi seumur hidup namun biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat hanya hingga 100 tahun. Jenis ini adalah salah satu contoh asuransi jiwa yang memiliki premi yang lebih mahal. 

3.    Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)
Contoh asuransi jiwa ini memberikan dua manfaat sekaligus yaitu perlindungan asuransi berjangka dan tabungan. Pemegang polis mendapatkan nilai tunai dari premi asuransi yang dibayarkan berupa uang pertanggungan (UP) bila tertanggung tutup usia dalam periode tertentu sesuai kontrak pada polis asuransi jiwa. Pemegang polis juga dapat menarik dana tabungan dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. 

Lantas apa saja yang perlu disiapkan sebelum memiliki asuransi jiwa? Alokasikan anggaran setiap bulan. Memang sulit untuk menyisihkan dana yang manfaatnya belum bisa kita nikmati saat ini. Idealnya, sisihkan 10-20% pendapatan bulanan untuk membayar premi asuransi jiwa. 

Selain itu, sebaiknya Anda memiliki asuransi selagi sehat. Karena ini adalah salah satu kriteraia umum untuk membeli asuransi jiwa. Karena kondisi kesehatan tertanggung memengaruhi biaya premi yang harus dibayarkan. Jadi, semakin muda dan semakin sehat seseorang, semakin rendah preminya. 

Sebelum membeli asuransi jiwa, pelajari dulu produk yang ditawarkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Pastikan manfaat asuransi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan biaya keluarga di masa depan. 

Bila saat ini Anda memerlukan proteksi asuransi jiwa dan ingin mengetahui banyak contoh asuransi jiwa, kunjungi website sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?