Contoh Asuransi Jiwa yang Diminati saat Pandemi Covid-19

2 September 2021



Banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya memiliki perlindungan asuransi jiwa. Kesadaran itu sepertinya muncul setelah adanya musibah pandemi covid-19. Kini, masyarakat mulai berlomba-lomba memproteksi diri dan keuangan bila sewaktu-waktu terkena musibah meninggal dunia akibat covid-19. 

Ada beragam produk asuransi jiwa yang ditawarkan pada saat ini. Nah, sebelum membeli asuransi jiwa, ada baiknya kita memahami contoh asuransi jiwa yang tersedia. Berikut dibawah ini adalah beberapa informasi untuk membantu Anda membuat pilihan dari ragam contoh asuransi jiwa yang tersedia: 

Baca Juga
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Bayi Juga Membutuhkan Asuransi Kesehatan, Ini Alasannya

•    Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life) 
Asuransi jiwa berjangka adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa dalam jangka waktu tertentu. Contohnya memberikan Uang Pertanggungan ketika Tertanggung meninggal dalam masa kontrak (misal 5,10, atau 20 tahun). Selama masa kontrak, premi yang dibayarkan nasabah tetap kecuali nasabah ingin memperpanjang kontrak asuransi. Premi tersebut akan berakhir ketika kontrak asuransi berakhir. Oleh karena itu biasanya asuransi jiwa berjangka preminya lebih terjangkau dengan nilai Uang Pertanggungan yang cukup tinggi.

•    Asuransi jiwa dwiguna (endowment)
Asuransi jiwa dwiguna adalah produk asuransi yang memberikan sejumlah Uang Pertanggungan bila Tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu dan sekaligus memberikan seluruh Uang Pertanggungan jika nasabah masih hidup pada masa akhir pertanggungan. Dua manfaat itulah yang merupakan manfaat dwiguna.

•    Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Asuransi jiwa seumur hidup adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup. Asuransi jiwa jenis ini akan memberikan Uang Pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia. Berbeda dengan asuransi jiwa berjangka, premi pada asuransi jiwa seumur hidup tidak hangus melainkan perusahaan asuransi akan mengembalikan premi Anda bila tidak ada klaim. Selain premi kembali, masa pembayaran premipun bisa diatur sesuai kesepakatan, sehingga tidak perlu bayar premi seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup. 

•    Asuransi Jiwa dengan Unsur Investasi (Unit Link)
Manfaat asuransi jiwa unit link hampir serupa dengan asuransi jiwa berjangka. Hanya saja jika di asuransi jiwa berjangka, nasabah hanya akan mendapatkan pengembalian Uang Pertanggungan, sedangkan di asuransi jiwa unit link para nasabah akan mendapatkan tambahan berupa manfaat hasil investasi yang besarnya bergantung pada kondisi pasar.

 

Butuh bantuan ?