Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Dampak Buruk Polusi Udara untuk Kesehatan Kulit Wajah

14 Juli 2023



Polusi udara menjadi isu lingkungan yang ramai diperbicangkan dalam beberapa pekan terakhir. Ini terjadi setelah adanya temuan bahwa kualitas udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta sejumlah kota besar seperti Bandung, Surabaya, dll rata-rata berada di kisaran 100-160 Air Quality Indeks (AQI) atau berada di tingkat polusi yang tidak sehat.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Selama Jakarta Dilanda Polusi Udara

Nyatanya, polusi udara bisa menimbulkan beragam penyakit serius. Salah satunya memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit (muncul jerawat dan menyebabkan penuaan dini). Oleh karena itu, masyarakat perlu melakukan perawatan kulit secara rutin dan menggunakan sunscreen atau tabir surya ketika berada di luar ruang.

Healthline membagikan sejumlah tips agar Anda bisa menjaga kesehatan kulit dari polusi udara. Yuk simak uraiannya:

1. Membersihkan kulit, termasuk wajah, secara teratur dengan menggunakan produk berbahan lembut sehingga tidak membuat kulit kering dan merusak lapisan terluar

2. Menggunakan krim atau serum 1-2 kali sehari setelah mencuci muka

3. Menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap setiap dua kali sehari

4. Menggunakan tabir surya setiap hari dan diulang kembali setiap dua jam atau ketika tubuh berkeringat

5. Melakukan eksfoliasi secara teratur untuk merontokkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru

6. Melakukan pola hidup sehat yang menunjang kesehatan kulit, seperti olahraga secara teratur, tidur cukup, dan makan makanan yang bernutrisi

Baca Juga: Udara di Jakarta Kian Buruk, Lakukan Ini Agar Terlindungi

Dampak Polusi Udara untuk Kesehatan Kulit
Polusi udara bisa berdampak negatif untuk kesehatan kulit. Kulit yang terpapar polusi udara, baik dalam bentuk asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, maupun debu jalanan, berisiko tinggi untuk mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

1. Kolagen kulit menjadi rusak
Senyawa kimia dari polusi udara dapat merusak struktur kolagen kulit dan menghambat produksinya. Sebagai informasi, kolagen di lapisan kulit berperan dalam menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Oleh karena itu, kulit yang sering terpapar polusi udara cenderung lebih kendur, keriput, dan kusam.

Baca Juga: Solusi Menyikapi Kualitas Udara Jakarta yang Buruk

2. Muncul jerawat
Kelenjar minyak yang tersumbat di wajah menjadi salah satu efek yang ditimbulkan oleh polusi udara. Sumbatan tersebut diakibatkan oleh debu dan kotoran yang terkandung dalam polusi udara. Kelenjar yang tersumbat dapat menimbulkan iritasi kulit serta muncul kuman di permukaan kulit, seperti bakteri atau jamur. Ujungnya, jerawat bakal muncul bila wajah Anda dibiarkan kotor dan lama tidak dibersihkan.

3. Memperbesar risiko kanker kulit
Kulit dapat menyerap berbagai zat berbahaya yang terhimpun di dalam polusi udara. Bila ini terjadi dalam waktu lama, risiko kanker kulit akan semakin besar.

Butuh bantuan ?