Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Dana Darurat & Asuransi, Meminimalkan Kerugian saat Pandemi

17 Juni 2022



Pandemi covid-19 berdampak buruk ke ekonomi global, negara, hingga finansial masyarakat. Sejumlah negara mendadak krisis ekonomi, sedangkan masyarakat mulai krisis finansial akibat terkena PHK atau bisnis yang lesu akibat adanya pembatasan sosial. 

Seiring penularan virus covid-19 yang mulai menurun pada kuartal 1 2022, perekonomian akhirnya perlahan membaik. Kondisi ini harus disyukuri sekaligus jadi ajang introspeksi oleh semua orang. Bagaimanapun, kondisi ekonomi yang kolaps akibat pandemi pantang terulang pada masa depan.

Setidaknya, sekarang kita tahu bahwa risiko finansial bisa diminimalkan dan diantisipasi dengan memiliki dana darurat dan asuransi.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Apa itu dana darurat?
Dana darurat merupakan tabungan untuk menyelamatkan kamu ketika keadaan yang tidak terduga terjadi. Keadaan yang tidak terduga ini bisa menyebabkan pengeluaran yang sangat besar atau kehilangannya sumber pendapatan secara mendadak. 

Dana darurat bisa sangat berguna dalam kondisi berikut ini: 
1. Kecelakaan. Kecelakaan mempunyai risiko kesehatan dan juga risiko kendaraan yang rusak karena kecelakaan. Nah, dana darurat bisa digunakan untuk memperbaiki kendaraan yang rusak akibat kecelakaan.
2. Kena PHK. Lantaran sumber pendapatan terhenti, Anda bisa menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
3. Kebakaran. Musibah satu ini membuat Anda bisa kehilangan rumah hingga bisnis yang sudah dirintis sejak lama sehingga pendapatan hilang, atau malah harus menanggung rugi. Nah dana darurat bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan serta menghindari diri dari hutang.

Baca Juga
4 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Keuangan
Strategi Alokasi Gaji Agar Bisa Investasi Jangka Panjang
Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan ala Financial Planner
Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Rencana Keuangan Tepat
Asuransi dan Dana Darurat, Mana yang Penting saat Pandemi?

Memiliki Asuransi
Asuransi merupakan pemindahan risiko dari orang yang diasuransikan kepada pihak perusahaan asuransi. Bila Anda membeli asuransi kesehatan, risiko finansial yang muncul karena kesehatan akan ditanggung oleh perusahaan (berupa manfaat asuransi). Namun, Anda juga wajib membayarkan premi (harga asuransi) secara berkala, bisa bulanan atau tahunan. 

Asuransi Jiwa
Asuransi ini memberi perlindungan risiko terhadap jiwa seseorang. Manfaat asuransi akan diberikan bila seseorang yang ditanggung tutup usia atau menderita cacat tetap total. 

Asuransi Kesehatan
Memberikan perlindungan risiko finansial kalau sakit, asuransi kesehatan bisa membantu kamu menutup biaya rumah sakit yang mahal dan naik dari tahun ke tahun. Manfaat akan diberikan bila ada biaya rumah sakit yang perlu ditanggung.

Asuransi Pendidikan
Premi yang dibayarkan oleh orang tua akan diinvestasikan ke instrumen investasi yang sudah dipilih oleh nasabah dan akan dikembalikan saat diperlukan untuk biaya pendidikan anak. Selain itu, asuransi pendidikan juga melindungi masa depan anak bila orang tua meninggal dunia atau tidak lagi mampu menafkahi anak.

Butuh bantuan ?