Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Dana Darurat sebagai Pelengkap Asuransi Kesehatan

28 April 2023


Dana Darurat sebagai Pelengkap Asuransi Kesehatan


Memiliki asuransi dan punya tabungan menjadi solusi untuk melindungi finansial dalam jangka panjang. Keduanya bisa menjadi penyelamat bila seseorang menghadapi musibah tidak terduga seperti kecelakaan atau sakit dan butuh dirawat di rumah sakit.

Khusus untuk dana darurat, bisa sebagai pelengkap keberadaan asuransi ketika situasi darurat terjadi. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  1. Tidak semua layanan kesehatan ditanggung oleh asuransi
    Asuransi kantor yang Anda miliki mungkin tidak menanggung semua layanan kesehatan atau tidak dapat digunakan di semua fasilitas kesehatan. Pada kondisi seperti ini, dana darurat akan sangat berguna saat harus membayar sendiri untuk layanan-layanan yang tidak ditanggung asuransi. Ada juga yang memiliki asuransi kesehatan yang bersifat reimburse, tentu dengan cara ini kita harus memiliki dana tunai dulu sebelum biaya perawatan diganti oleh perusahaan asuransi.
  2. Ada batasan biaya kesehatan yang ditanggung asuransi
    Manfaat dan nilai pertanggungan yang diberikan asuransi tergantung dari ketentuan polis dan pengecualian. Bila biaya rumah sakit ternyata lebih besar dari batas tahunan polis asuransi, menggunakan dana darurat bisa menjadi solusi.
  3. Dana bisa dicairkan kapan saja
    Ada kalanya muncul biaya yang tak terduga yang harus segera dibayarkan selain biaya pengobatan. Misal, mobil yang mendadak mogok, genteng rumah yang bocor, atau ada keluarga yang berduka. Bagi mereka yang tidak punya dana darurat tentu akan kerepotan untuk membiayai keperluan mendadak.

Itulah beberapa manfaat memiliki dana darurat selain asuransi. Prioritas dan jumlah untuk masing-masing orang tergantung dari kebutuhan dan kondisi ekonomi. Langkah tepat agar pendapatan dapat memenuhi kebutuhan berasuransi dan memiliki dana darurat adalah mulai mengatur keuangan dan hindari pengeluaran yang tidak perlu atau yang masih dapat ditunda.

Butuh bantuan ?