Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Dokumen yang Harus Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

8 Desember 2023



Banyak hal yang harus dibawa ketika hendak bepergian ke luar negeri. Sebagai panduan untuk Anda, berikut ini beberapa barang wajib yang Anda bawa bila berencana pelesir ke ‘negeri seberang’. 

Paspor
Paspor adalah dokumen wajib yang perlu Anda bawa ketika ke luar negeri. Pastikan masa berlaku paspor kamu masih lebih dari 6 bulan. Sebab ada beberapa negara yang tidak mengizinkan wisatawan dengan masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan untuk masuk ke negaranya

Baca Juga: Konsep Money Habit yang Bisa Selamatkan Finansial Milenial 

Visa Perjalanan
Setiap negara memiliki kebijakan visa perjalanan masing-masing. Oleh sebab itu, pastikan kita sudah mengetahui regulasi visa perjalanan bagi wisatawan asing di negara tujuan. Sebagian negara mewajibkan wisatawan mengurus visa perjalanan sebelum keberangkatan ke negara tujuan. Sebagian lainnya memperbolehkan mereka melengkapi visa perjalanan pada saat kedatangan (visa on arrival).

Baca Juga: Nyaman Berobat ke Luar Negeri dengan Asuransi Kesehatan

Surat Izin Mengemudi
Surat Izin Mengemudi dibutuhkan bila Anda punya rencana mengemudi kendaraan roda dua/empat di luar negeri. Selain urusan perizinan, ketahui aturan berkendara dan lalu lintas di negara tersebut.

Tiket Pesawat
Tiket pesawat jangan sampai tertinggal. Ada baiknya Anda siapkan bukti tiket cetak maupun tiket online. Simpan tiket Anda baik-baik hingga liburan selesai dan Anda kembali pulang ke tanah air.

Baca Juga: Universitas Terbaik Luar Negeri & Cara Menyiapkan Dananya

Sertifikat Vaksin
Tujuan dari kewajiban menunjukkan sertifikat vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus di negara tujuan. Kewajiban sertifikat ini dapat berubah sesuai kondisi kesehatan global. Seperti saat ini, wisatawan harus menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 sehubungan dengan pandemi covid, Nantinya, kewajiban ini dapat saja berubah sehingga sebelum berwisata ke luar negeri, ketahui syarat sertifikasi vaksin di negara tujuan.

Akta Kelahiran Anak
Bagi Anda yang akan mengajak anak di bawah umur untuk berwisata ke luar negeri maka sebaiknya siapkan akta kelahiran anak dan simpan di tempat yang mudah terjangkau agar mudah dikeluarkan saat diperlukan. Sebaiknya, siapkan dokumen ini dalam dua versi, yakni cetak dan digital agar saat ditanyakan oleh petugas di negara tujuan, Anda bisa menunjukkan sesuai permintaan.

Asuransi Kesehatan
Pandemi covid-19 memang sudah mereda. Namun beberapa negara masih ada yang mewajibkan para pelancong sudah dibekali asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal Rp1 miliar (termasuk mencakup pembiayaan penanganan covid-19).

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa tenang  bila sewaktu-waktu bernasib sial dan terjangkit covid-19 saat berada di luar negeri. Sebab, asuransi kesehatan bisa diandalkan untuk mendapatkan perawatan optimal dan Anda tidak perlu memikirkan biaya pengobatannya.

Sequis menyediakan produk asuransi kesehatan dengan fasilitas cashless yang bisa digunakan di rumah sakit rekanan di luar negeri. Fasilitas itu bisa didapat masyarakat bila memiliki produk Sequis Q Infinite MedCare Rider All Series.

Sequis Q Infinite MedCare Rider All Series juga memiliki jangkauan wilayah pertanggungan yang cukup luas, di antaranya di Indonesia, Asia, hingga seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).

Asuransi Perjalanan
Sebaiknya melengkapi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan sebelum berangkat. Bahkan di beberapa negara mewajibkan wisatawan asing memiliki asuransi perjalanan. Pastikan perusahaan asuransi tempat Anda membeli polis asuransi perjalanan menerbitkan sertifikat asuransi perjalanan setelah Anda membeli paket asuransi tersebut. Sertifikat yang berbentuk digital perlu disimpan di perangkat digital baik handphone, laptop, dan e-mail.

Butuh bantuan ?