Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gagal Beli Rumah Akibat Tak Punya Asuransi Kesehatan

2 Pebruari 2023



Sebagian orang mungkin belum memahami asuransi dan manfaatnya. Ada kemungkinan, ketidaktahuan serta kurang pemahaman karena adanya beragam istilah asuransi yang tidak umum di telinga masyarakat.

Nah, supaya Anda mengerti tentang asuransi dan betapa besar manfaatnya, kami kisahkan dalam ilustrasi cerita berikut ini:

Keluarga A memiliki dana sebesar Rp1 miliar di dalam tabungan. Rencananya, uang itu akan digunakan untuk membeli rumah dan mobil dengan sistem pembayaran tunai. Dalam saat yang bersamaan, mereka tidak diproteksi oleh asuransi kesehatan.

Rencana untuk membeli rumah dan mobil akhirnya harus ditunda. Sebab, sang ayah selaku kepala keluarga dan pemberi nafkah utama menderita penyakit berat dan harus dirawat di rumah sakit. Lantaran tidak memiliki asuransi kesehatan, biaya rumah sakit yang mencapai ratusan juta Rupiah harus dilunasi menggunakan tabungan yang awalnya bakal digunakan untuk beli rumah dan mobil. Semakin nahas karena pendapatan per bulan terhenti lantaran penyakit tersebut mengharuskan ayah berhenti dari pekerjaan.

Kisah Keluarga A tentunya bisa berbeda bila sang ayah sudah diproteksi oleh asuransi kesehatan. Sang ayah bisa mendapatkan perawatan maksimal dan keluarga tidak dipusingkan dengan biaya rumah sakit karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Alhasil, tabungan Rp1 miliar bisa digunakan untuk membeli rumah dan mobil yang sudah diidamkan.

Baca Juga
Asuransi Murah, Cocok Buat Melindungi Anda Sejak Awal 2023
Mengajukan Asuransi Saat Sudah Terlanjur Sakit
Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?
Di PHK jelang Resesi 2023? Lakukan Tips Atur Keuangan Ini
Asuransi Kesehatan Makin Diminati, Ini Produk Unggulannya

Untuk lebih detail, berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa didapat Keluarga A bila sudah terproteksi asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis:

Manfaat asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan kesehatan hingga tindakan operasi sesuai dengan ketentuan polis. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan sesuai dengan kontrak dan kesepakatan berdasarkan premi yang Anda bayarkan. Dua manfaat umum asuransi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

-    Rawat inap merupakan salah satu manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan, biasanya meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratoriun, biaya melahirkan, biaya gawat darurat
-    Rawat jalan, manfaat asuransi ini meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat sesuai resep, biaya tindakan pencegahan, dan biaya-biaya lainnya yang dianjurkan oleh dokter.
-    Manfaat nilai tunai

Manfaat asuransi penyakit kritis
Asuransi ini penting dimiliki karena risiko biaya perawatan kesehatan berat dan kritis pada masa depan bisa ditanggung. Tiga manfaat asuransi penyakit kritis yaitu:
-    Melengkapi manfaat asuransi kesehatan. Bila terkena penyakit kritis, biaya pengobatan yang diperlukan tentunya akan lebih besar dibanding penyakit biasa. Dan bila asuransi kesehatan Anda tidak menanggung semua penyakit maka asuransi penyakit kritis bisa melengkapinya.
-    Bila Anda terkena penyakit kritis dan tidak dapat bekerja dengan baik, asuransi penyakit kritis akan memberikan uang pertanggungan yang bisa digunakan sebagai modal untuk operasional dalam perawatan.
-    Uang pertanggungan yang didapatkan, bisa menjaga kondisi keuangan tetap stabil pada saat proses perawatan.

Butuh bantuan ?