Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Garam Berlebihan Berakibat Penuaan Dini dan Penyakit

30 Maret 2023


Sumber foto : Kompas.com


Mantan drummer band Dewa 19, Tyo Nugros membeberkan resep awet muda. Menurutnya, tidak mengonsumsi garam dan micin menjadi cara yang dia tempuh agar membuat tubuh bugar dan awet muda.

Garam memang menjadi salah satu penyedap rasa yang diandalkan guna membuat makanan menjadi lebih 'gurih'. Namun, pamor garam mulai meredup dalam beberapa tahun terakhir karena dianggap bisa menimbulkan hipertensi dan membuat muka lebih cepat tua.

Benarkah demikian? Menurut Healthline, sodium atau garam adalah mineral penting untuk mengoptimalkan kinerja otot serta saraf. Garam juga membantu tubuh menjaga keseimbangan air dan mineral yang tepat.
Namun, garam bisa menimbulkan efek buruk bila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa muncul bila terlalu banyak mengonsumsi garam.

1. Tekanan darah naik
Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan volume darah yang mengalir melalui pembuluh darah dan arteri Anda menjadi lebih besar. Ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Meski begitu, tidak semua orang bakal mengalami efek tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan genetika dan hormon tertentu tidak mengalami peningkatan tekanan darah walau mengonsumsi mengonsumsi makanan kaya garam.

2. Sering haus
Mengonsumsi makanan asin juga bisa menyebabkan mulut kering atau merasa sangat haus. Sehingga mendorong Anda untuk minum lebih banyak. Keinginan mengonsumsi air dalam jumlah banyak adalah reaksi ilmiah tubuh guna memperbaiki rasio natrium terhadap air.

Baca Juga
Sayangi Jantung Dengan Pola Hidup Sehat dan Miliki Asuransi
Lawan Penyakit Jantung Aritmia dengan Memperbaiki Gaya Hidup
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen
Asuransi Kesehatan Hingga Puluhan Miliar per Tahun, Perlu?
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial

3. Hipernatremia
Hipernatremia merupakan gangguan elektrolit. Hipernatremia dapat menyebabkan air keluar dari sel dan masuk ke dalam darah Anda. Ini adalah cara alami dalam upaya untuk mengencerkan kelebihan natrium. Bila tidak ditangani, perpindahan cairan ini dapat menyebabkan kebingungan, kejang, koma, dan bahkan kematian.

4. Risiko penyakit jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan garam yang tinggi menyebabkan peningkatan tekanan darah dan pengerasan pembuluh darah dan arteri. Efek samping makan garam berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan kematian dini yang lebih tinggi.

Banyak hal negatif yang bisa muncul hanya karena mengonsumsi garam terlalu banyak.  Oleh karena itu, sudah saatnya jalani hidup sehat dengan cara rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup tidur.

Selain itu, tak ada salahnya untuk memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda sudah mengambil langkah tepat agar tubuh mendapatkan perawatan yang optimal bila sewaktu-waktu sakit. Dengan perawatan optimal dan tepat, tubuh punya kesempatan untuk sehat lebih cepat serta mengurangi potensi timbul penyakit lanjutan.

Baca Juga

Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 

Guna antisipasi dari risiko diabetes atau serangan jantung, masyarakat bisa mempertimbangkan memiliki produk asuransi Sequis, yakni Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider atau Sequis Q Infinite MedCare Rider.

Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider memberikan manfaat sebesar 170% Uang Pertanggungan, dengan pembayaran total manfaat utama 100% ditambah dengan manfaat tambahan 70%.

Manfaat yang diberikan Sequis Q Infinite MedCare Rider tak kalah bagus. Produk ini akan menanggung biaya perawatan penyakit yang dialami Tertanggung hingga Rp90 miliar per tahun. Hebatnya lagi, produk ini menawarkan sistem pembayaran nontunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit rekanan di seluruh dunia. Jadi bila mendadak sakit, Tertanggung dan keluarga tidak harus menyiapkan uang terlebih dahulu karena semuanya sudah langsung dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

 

Butuh bantuan ?