Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

17 Januari 2024



Belakangan tengah banyak pemberitaan negatif tentang pengajuan klaim asuransi kesehatan yang bermasalah. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang berpikir ulang untuk membeli polis asuransi kesehatan. Padahal,  klaim asuransi kesehatan yang bermasalah biasanya disebabkan kekeliruan nasabah terkait manfaat polisnya.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga dengan Bujet Minim

Lantas, apa saja yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum membeli polis asuransi? Untuk membantu Anda menemukan solusinya, berikut dibawah ini adalah beberapa tipsnya: 

Sesuaikan Manfaat Asuransi dengan Kondisi Kesehatan

Sesuaikan manfaat asuransi yang bakal dibeli dengan kondisi kesehatan Anda. Bila keluarga Anda memiliki penyakit berat seperti diabetes, stroke, jantung, atau kanker, sebaiknya pilih asuransi penyakit kritis. Sebab, seseorang dengan riwayat keluarga berpenyakit berat rentan mengidap penyakit yang sama. Jadi, usahakan asuransi yang Anda pilih sudah memberikan perlindungan atas penyakit-penyakit tersebut. Bila salah memilih produk dan manfaat, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah klaim Anda tidak dibayarkan.

Baca Juga: Olahraga Jalan Terus! Asuransi Kesehatan Udah Punya Belum?

Pelajari dan Pahami Cara Klaim Terkait Polis Asuransi Kesehatan Anda

Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki prosedur klaim kesehatan yang berbeda-beda. Ketentuan cara klaim sudah tercantum di website perusahaan dan harusnya sudah dijelaskan oleh agen/tenaga pemasar perusahaan asuransi. Pahami mengenai ketentuan klaim agar Anda tidak mengalami kendala pada masa depan.

Baca Juga: Asuransi Terbaik dari Sequis Life

Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan dengan Jaringan Rumah Sakit yang Luas 

Anda perlu memperhatikan jangkauan rumah sakit rekanan dari perusahaan penyedia asuransi kesehatan. Ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan akses yang mudah ke berbagai rumah sakit.  Toh, tidak ada yang pernah tahu kapan dan di mana Anda jatuh sakit, bukan?

Semakin luas jangkauan rumah sakit rekanan yang ditawarkan, semakin bagus pula asuransi kesehatan tersebut. Lebih baik lagi jika asuransi kesehatan yang Anda pilih memiliki jangkauan di luar Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi risiko yang mengancam kesehatan meski sedang tidak berada di Tanah Air.

Butuh bantuan ?