Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hepatitis, Penyakit Menular yang Tak Kalah Bahaya dari Covid

2 Agustus 2021



World Hepatitis Day atau Hari Hepatitis Dunia diperingati tiap 28 Juli. Hepatitis mendapat perhatian oleh dunia medis serta diperingati setiap tahun karena sudah dianggap sebagai virus yang berbahaya. Faktanya, Hepatitis telah menjadi penyakit infeksi kedua tertinggi yang menyebabkan kematian setelah tuberkulosis. 
Berdasarkan data dari WHO, virus hepatitis B dan C telah menginfeksi 325 juta orang di seluruh dunia. Bila dirinci, virus Hepatitis B dan C sudah menyebabkan 1,4 juta orang meninggal setiap tahun.

Data miris itu pantang disepelekan oleh masyarakat. Walau saat ini dunia sedang diliputi pandemi covid-19, masyarakat juga harus waspada dan paham mengenali jenis, tanda, dan gejala Hepatitis.

Berikut sekilas penjelasan mengenai Hepatitis seperti dilansir oleh klikdokter.com

1. Hepatitis A
Virus hepatitis A menyerang hati dan dapat ditularkan dari makanan atau air yang dikonsumsi dan sudah terkontaminasi. Penyakit ini juga bisa menular lewat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Kelangkaan air bersih, sanitasi yang buruk, dan keengganan untuk hidup bersih (mencuci tangan) juga bisa meningkatkan infeksi Hepatitis A.

Ada beragam tanda dan gejala Hepatitis A. Di antaranya adalah demam, penurunan nafsu makan, diare, mual, rasa tidak nyaman di perut, warna air seni lebih gelap, dan jaundice (perubahan warna pada kulit dan bagian putih mata menjadi tampak lebih kuning).

Saat ini, sudah ada vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah Hepatitis A mulai anak sampai dewasa.  Pemerintah juga sudah gencar menyediakan air bersih dan sanitasi yang baik di pelosok-pelosok agar Hepatitis A  bisa lebih dikontrol.  

2. Hepatitis B
Sama seperti Hepatitis A, virus Hepatitis B juga menyerang hati. Penularannya bisa dari ibu kepada bayinya saat proses melahirkan. Selain itu, virus ini ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, seperti melalui jarum suntik, tato, dan tindikan yang tidak steril, atau melalui cairan tubuh, seperti darah menstruasi, cairan vagina, dan sperma.

Hepatitis B dapat menyebabkan infeksi kronis dan kematian. Itu terjadi karena berkembangnya penyakit tersebut menjadi kanker hati dan sirosis hati. Gejala yang timbul antara lain adalah jaundice, air seni berwarna gelap, rasa kelelahan, mual, muntah, dan nyeri perut.

Baca Juga
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini

Hepatitis B dapat dicegah dengan vaksinasi yang dapat melindungi dari terjadinya kondisi tersebut hingga 98-100 persen. Vaksin harus dilakukan agar terhindar dari terjadinya berbagai komplikasi kronis, seperti kanker hati. 

3. Hepatitis C
Virus Hepatitis C merupakan salah satu penyebab utama dari kanker hati. Virus Hepatitis C ditularkan melalui paparan darah terinfeksi. Penularan masih bisa terjadi walau terkena darah terinfeksi dalam jumlah kecil.
Penularan ini dapat terjadi melalui penyuntikan obat-obatan, praktik penggunaan suntikan yang tidak aman, dan praktik kesehatan yang tidak aman. Tanda dan gejala Hepatitis C menyerupai gejala-gejala Hepatitis lainnya, seperti demam, lelah, penurunan nafsu makan, mual, muntah, nyeri perut, air seni berwarna gelap, tinja berwarna abu-abu, nyeri sendi, dan jaundice.

Lindungi diri dari penyakit kritis
Penyakit kritis seperti Hepatitis wajib mendapat penanganan serius dan optimal dari rumah sakit. Namun, pengobatan terbaik membutuhkan uang yang tak sedikit. Oleh karena itu, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan mengganggu keuangan Anda, ada baiknya melindungi diri dengan memiliki Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider. Sebuah produk dari Sequis yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis sejak tahap awal, tahap menengah dan tahap lanjutan untuk 120 kondisi penyakit kritis, termasuk di antaranya Hepatitis dengan Sirosis, Hepatitis Autoimun Kronis, Hepatitis Virus Berat dengan Varises Esofagus, Hepatitis Virus Berat dengan Pendarahan Varises Esofagus, dan Hepatitis Berat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider atau produk-produk asuransi penyakit kritis Sequis lainnya, Anda dapat mengunjungi www.sequis.co.id atau menghubungi Sequis Care di nomor (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15-17.00 WIB.

Butuh bantuan ?