Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ilustrasi Investasi: Reksa Dana Lebih Cuan Dibanding Menabun

3 April 2023



Menabung dan memiliki dana darurat menjadi dua hal utama dalam sebuah perencanaan keuangan. Nantinya, tabungan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada masa depan. Dengan memiliki tabungan, Anda terhindar dari sistem pembayaran kredit/pay later untuk membeli barang yang diinginkan. Sedangkan dana darurat berperan besar ketika Anda membutuhkan uang tunai secara cepat. Misal, butuh uang ketika mengalami musibah. Dengan adanya dana darurat, tabungan Anda tetap aman sehingga finansial tetap stabil.

Namun untuk keperluan finansial jangka panjang, memiliki tabungan dan dana darurat tidaklah cukup. Agar nilai uang yang dimiliki tidak tergerus inflasi, Anda perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditempatkan ke instrumen investasi.

Untuk menjelaskan situasi tersebut, yuk simak ilustrasi berikut ini:
Ilustrasi 1
Budi punya gaji Rp20 juta per bulan dan rajin menyisihkan pendapatan. Sekitar Rp5 juta dari pendapatan dipotong buat tabungan. Setelah 10 tahun, tabungannya berada di kisaran Rp600 juta.

Ilustrasi 2
Iqbal punya gaji Rp20 juta per bulan dan rajin menyisihkan pendapatan. Sekitar Rp5 juta dari pendapatan ditempatkan di investasi reksa dana. Menurut perhitungan Financial Calculator Sequis, dengan torelansi kerugian sebesar 3%, cuan yang didapat Iqbal bisa mencapai Rp1 miliar setelah berinvestasi reksa dana selama 10 tahun.

Dengan modal yang sama, yakni Rp20 juta, Iqbal mendapatkan cuan Rp400 juta lebih besar dari Budi setelah keduanya menyisihkan pendapatan setiap bulan selama 10 tahun. Menurut Financial Calculator dan Solution Finder Sequis, potensi cuan sebesar itu didapat Iqbal dengan memiliki investasi Reksa Dana Sequis Balance Ultima. Investasi ini cocok buat Iqbal yang mau berinvestasi jangka menengah dan panjang.

Karakteristik Reksa Dana Sequis Balance Ultima
1. Potensi pengembalian dan fluktuasi menengah hingga tinggi
2. Alokasi strategis pada pasar uang, obligasi, dan saham
3. Investasi jangka menengah hingga panjang

Ingin tujuan investasi dapat tercapat serta cuan seperti Iqbal? Yuk segera konsultasi dengan ahli keuangan Sequis. Seorang ahli keuangan akan memberikan nasihat keuangan dan sekaligus memilihkan instrumen reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda.  Selain cara tersebut, Anda juga bisa bertanya kepada layanan konsumen di perusahaan Manajer Investasi reksa dana yang hendak dipilih. Sequis menyediakan layanan Sequis Personal Assistant yang akan membantu Anda memilih produk investasi reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat menemukan solusi produk yang paling tepat di Solution Finder Sequis.

Butuh bantuan ?