Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ingin Beli Mobil Baru? Ikuti Tips Keuangan Berikut Ini

2 Pebruari 2023



Sebagian orang ada yang punya mimpi travelling ke luar kota dan ke luar negeri. Sebagian lain ada yang punya rencana kuliah di universitas ternama. Lalu, ada sejumlah kalangan yang ingin segera memiliki mobil pribadi yang sudah diidam-idamkan. Hasrat memiliki mobil baru tentunya makin meninggi setelah beragam mobil model terbaru bermunculan pada akhir 2022 dan siap dipasarkan pada 2023.

Meski begitu, mimpi untuk membeli mobil harus dibarengi dengan usaha keras mengumpulkan uang. Dengan beberapa langkah cerdas dan komitmen yang kuat, Anda pasti bisa membeli mobil impian. Berikut tips yang bisa Anda aplikasikan untuk membeli mobil baru:

1.    Menabung secara rutin dan fokus ke tujuan
Langsung menabung ketika keinginan membeli mobil muncul. Setidaknya, menabung untuk bayar uang muka bila Anda memang berencana membeli mobil dengan skema cicil. Ingat, semakin besar uang muka dibayarkan, semakin kecil cicilan yang harus Anda lunasi.
Idealnya, Anda yang berpenghasilan Rp8-10 juta menabungkan 20-25% dari gaji setiap bulan. Menabunglah dengan konsisten dan segera alokasikan dana tersebut setelah Anda menerima gaji.

Baca Juga
Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol
Mengelola Uang Bila Mendadak Tajir seperti Miliuner Tuban
DP 0 Persen Berlanjut, Jalani Tips Ini Agar Bisa Beli Rumah
Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Beli Rumah
Ibu Rumah Tangga Bisa Berinvestasi, Ini Investasi yang Cocok

2.    Berhemat dan pangkas pengeluaran
Sebanyak 25% dari penghasilan Anda sudah dialokasikan ke tabungan untuk membeli mobil. Itu artinya, ada hanya memiliki 75% dari gaji yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menyisihkan dana darurat, serta berasuransi dan berinvestasi. Agar kebutuhan pokok itu tetap terpenuhi, ada baiknya Anda memangkas pengeluaran yang tidak perlu serta mengurangi pengeluaran konsumtif seperti nongkrong di kafe atau belanja selama menabung untuk membeli mobil.

3.    Pilih mobil sesuai dengan kemampuan keuangan
Usahakan tetap realistis. Tak perlu memaksakan diri untuk membeli mobil edisi terbaru dengan harga mahal. Sebagai awalan, beli mobil yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Bila belum mampu membeli mobil dalam kondisi baru, Anda bisa mengambil opsi mobil bekas.

4.    Belajar investasi
Sambil menabung, Anda diimbau juga belajar investasi. Sebab, Anda bisa mendapatkan sejumlah keuntungan bila sudah fasih berinvestasi. Salah satunya meningkatkan nilai uang pada masa depan.

Anda tak perlu khawatir bila belum sanggup menerima risiko investasi yang tinggi. Sebab, ada sederet instrumen investasi dengan risiko yang lebih aman seperti reksa dana, emas, dan deposito.

 

Butuh bantuan ?