Mohon Maaf untuk saat ini layanan kami sedang Offline.
Jam operasional layanan kami yaitu pada hari Senin-Jum'at pada jam 08.15-17.00 WIB
Untuk informasi layanan diluar waktu tersebut dapat mengakses email :
Layanan Individu : care@sequislife.com
Layanan Group/ Perusahaan / : fscare.group@sequislife.com
Ingin Jadi Agen Asuransi? Pahami Syarat dan Peraturannya
Direct Message (DM) Instagram @SequisOfficial sempat ramai oleh pertanyaan mengenai lowongan kerja. Ada yang bertanya mengenai lowongan magang, lowongan kerja di Head Office, serta ada pula yang bertanya mengenai lowongan kerja sebagai agen asuransi.
Untuk informasi mengenai lowongan kerja, Anda bisa cek di tautan berikut ini. Nah bagi yang ingin menjadi agen asuransi, ada beberapa syarat yang harus dipahami. Berikut ini beberapa di antaranya:
Syarat menjadi agen yang sudah tercantum di dalam Peraturan Pemerintah no 73 Tahun 1992 pasal 27
1. Hanya bisa menjadi agen asuransi di 1 perusahaan asuransi
2. Wajib ada ikatan perjanjian keagenan antara Anda dan perusahaan asuransi
3. Perusahaan asuransi bertanggung jawab atas semua tindakan Anda yang berhubungan dengan pembelian, pendaftaran, atau proses transaksi asuransi
4. Anda wajib memberikan informasi mengenai penawaran produk asuransi secara akurat dan jelas.
Baca Juga
Cari Agen Terbaik Sequis via Online Pakai Fitur Find Agent
Malas ke Luar Rumah? Cari Agen Asuransi Sequis via Online
Cara Praktis Menjadi Agen Asuransi di Perusahaan Kredibel
4 Tips Memilih Agen Asuransi Terbaik
Jadi Agen Asuransi, Siapa Takut?
Sedangkan berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada beberapa kualifikasi yang perlu Anda siapkan sebelum menjadi agen asuransi:
1. Daftar keagenan. Di sini calon agen akan memilih jenis asuransi yang akan dipasarkan. Misal, memasarkan asuransi kesehatan/jiwa atau asuransi kendaraan.
2. Ikut pelatihan. Anda akan mengikuti beragam pelatihan setelah perusahaan sudah menerima lamaran Anda sebagai agen. Biasanya perusahaan memberikan pembelajaran tentang produk asuransi dan cara memasarkannya.
3. Mendapatkan sertifikat AAJI. Anda akan mendapatkan sertifikat AAJI setelah menyelesaikan pelatihan. Sertifikat ini menjadi pegangan dan bukti Anda sudah resmi menjadi agen asuransi dan berhak memasarkan produk asuransi.
Pilih Perusahaan Asuransi yang Tepat
Perusahaan asuransi di Indonesia sudah sangat banyak. Jadi, pastikan perusahaan yang Anda pilih kredibel, tepercaya, dan terdaftar di OJK. Cara mudah mencari tahu reputasi perusahaan dapat dilihat dari beberapa sumber, misal berita pencapaian perusahaan yang bisa dilihat di halaman website perusahaan bersangkutan. Cari tahu juga informasi terkait testimoni nasabah, kepuasan nasabah, dan bagaimana perusahaaan menanggapi keluhan.
Nilai perusahaan asuransi juga bisa terlihat dari cara mereka sangat menunjung kepentingan nasabah. Tipe perusahaan seperti itu biasa terus menciptakan produk berdasarkan kebutuhan pasar, memperbarui produk lama agar dapat menjawab kebutuhan nasabah serta produk yang dibuat memberikan manfaat sesuai dengan besaran premi yang dibayarkan nasabah.
Sedangkan keuangan perusahaan yang baik dapat diketahui dari laporan kinerja keuangan perusahaan.
Informasi ini juga dipaparkan secara transparan melalui situs resmi perusahaan atau dalam pemberitaan. Ukuran sederhana bisa dengan melihat dari Rasio Solvabilitas atau Rasio Kecukupan Modal. Perusahaan yang sehat akan menunjukkan angka di atas ketentuan pemerintah sebesar 120%.