Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ingin Meraih Kemerdekaan Finansial? Yuk, Investasi

23 Juni 2023



Pernah mendengar istilah kemerdekaan finansial atau populer dengan istilah financial freedom? Merdeka finansial tercipta ketika Anda sudah memiliki cukup tabungan untuk memenuhi semua kebutuhan serta tak mengalami kendala finansial ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit. .  Sebuah situasi yang tentunya tidak mudah untuk diraih. Butuh perencanaan keuangan yang matang untuk mendapatkannya.

Menurut sejumlah perencana keuangan, merdeka finansial bisa dicapai melalui beberapa hal. Salah satunya kemauan menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk investasi jangka panjang. Tertarik untuk mencobanya? Guna memudahkan Anda mulai investasi jangka panjang, yuk simak beberapa tips berikut ini:

Tetapkan Tujuan Investasi Jangka Panjang
Tentukan tujuan investasi jangka panjang secara spesifik. Misal, investasi dengan tujuan mempersiapkan dana pendidikan anak, merencakan pensiun, membeli rumah, atau membeli kendaraan bermotor. Nantinya, setiap tujuan menentukan jumlah yang harus disiapkan untuk investasi.

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Pengajuan Transaksi Polis Unit Link
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

Susun Anggaran Keuangan
Masukkan investasi sebagai salah satu rencana keuangan Anda ketika sedang menyusun anggaran usai gajian. Caranya dengan mengkategorikan ke dalam tiga bagian, yakni primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah uang yang harus dikeluarkan untuk biaya hidup (makan, transportasi, belanja kebutuhan sehari-hari, beli pulsa/kuota telepon dan listrik), dan bayar cicilan. Lalu ada pengeluaran sekunder yang meliputi perabotan rumah tangga, kendaraan bermotor atau pengeluaran-pengeluaran lain yang sifatnya tidak mendesak namun harus dibeli bila sudah diperlukan. Nah, investasi seharusnya masuk dalam kategori pengeluaran tersier. Walaupun berada di kategori terakhir, Anda harus konsisten menyisihkan sebagian pendapatan untuk pos investasi jangka panjang.

Kontrol & Evaluasi Setiap Investasi
Jangan lupa untuk mengevaluasi portofolio investasi Anda. Ubah strategi bila salah satu instrumen investasi Anda tidak membuahkan cuan maksimal.

Lakukan Diversifikasi Instrumen Investasi
Tempatkan uang Anda di beberapa instrumen investasi. Misal, menempatkannya di reksa dana pasar uang, pasar saham, dan pasar modal. Khusus di pasar modal, Anda bisa diversifikasi ke beberapa emiten. Jadi, Anda bisa tetap cuan bila kinerja salah satu sektor ada yang sedang menurun.

Jadi Investor yang Bijaksana
Jangan tamak ketika berinvestasi. Bagi investor pasar modal, ada baiknya melepas saham yang Anda miliki ketika dikira-kira sudah mendapat keuntungan. Sebab investasi di pasar modal sangat fluktuatif. Dalam waktu singkat, harga saham yang sedang naik bisa mendadak turun bila ada sentimen buruk di emiten terkait.

 

Butuh bantuan ?