Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jangan Abaikan Stres, Bisa Menimbulkan Penyakit Berat

19 April 2023



Stres bisa menimbulkan efek buruk. Selain memengaruhi kesehatan mental, stres yang berkepanjangan juga bisa mengganggu kesehatan fisik. Tak heran banyak orang merasa 'nggak enak badan' bila sudah terlalu lama terkungkung stres.

Menurut Mountelizabeth dan dilansir Kompas.com, ada beberapa jenis penyakit yang dapat muncul akibat stres. Berikut ini empat di antaranya:

1. Sakit kepala
Stres bisa membuat otot-otot di kepala, leher, dan bahu menjadi tegang. Bila dibiarkan terlalu lama, kondisi ini bisa menimbulkan sakit kepala dan migrain berkepanjangan.

2. Peningkatan gula darah
Stres yang terjadi secara esktrem dapat memicu diabetes. Ini terjadi karena tubuh secara alamiah ingin memastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk mengatasi penyebab stres. Akibatnya, tubuh melepaskan banyak glukosa. Selain itu, stres juga membuat hormon kortisol meningkat dan terjadi penurunan kadar insulin. Dalam situasi ini, kandungan glukosa dalam darah meningkat dan berpotensi menimbulkan diabetes.

3. Gangguan jantung
Stres yang berkepanjangan membuat detak jantung meningkat, napas bergerak lebih cepat, otot-otot menegang, dan tangan berkeringat. Semua gejala itu adalah respons alami tubuh terhadap stres akibat pelepasan kortisol dan adrenalin yang dikenal dengan hormon stres.

4. Alzheimer
Ternyata stres dapat membuat seseorang linglung dan lupa ingatan. Ini terjadi karena stres dan rasa cemas dapat menganggu konsentrasi dan kemampuan seseorang dalam mengingat informasi. Stres juga dapat menimbulkan depresi sehingga peluang terkena alzheimer menjadi lebih besar.

Baca Juga
GERD, Penyakit Asam Lambung yang Pantang Dianggap Remeh
4 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur
Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Puasa
Melindungi Diri dan Tindakan Pencegahan Serangan Jantung

Cara Terhindar dan Menghilangkan Stres
Stres pantang diabaikan. Lakukan hal-hal berikut ini agar Anda bisa terhindar dari stres atau menghilangkan stres sehingga tidak menimbulkan efek buruk yang lebih besar.
- Rutin olahraga
- Meluangkan waktu untuk berkumpul dengan teman, sahabat, atau keluarga
- Cari dan melakukan hobi sesuai minat
- Menjalankan pola hidup dan makan sehat
- Tidur dengan jadwal teratur dan durasi cukup

Bila dirasa semua kegiatan tersebut masih belum mampu menangkal stres, tak ada salahnya konsultasi kesehatan mental dengan psikolog. Untuk urusan dana penyuluhan bisa disiasati dengan memiliki asuransi kesehatan yang menanggung biaya konsultasi kesehatan mental ke psikolog. Manfaat itu bisa didapat bila memiliki produk asuransi Sequis melalui unit bisnisnya, MiPower yaitu MiProtection.

Produk MiProtection akan menanggung biaya yang dikeluarkan bila nasabah melakukan konsultasi untuk sejumlah gangguan kesehatan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Bipolar, dan Skizofrenia. Semua manfaat itu bisa didapat dengan premi sangat terjangkau, yaitu plan starter (Rp380ribu/tahun), moderate (Rp525 ribu/tahun), dan advanced (Rp1,3 juta/tahun).

Butuh bantuan ?