Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jarang Olahraga Saat Musim Hujan, Waspada Timbunan Lemak

22 November 2022



Musim hujan kadang menghambat kegiatan luar ruang seseorang. Rutinitas olahraga (bersepeda, jogging, yoga, dll) yang sebelumnya tiga kali dalam satu minggu bisa berkurang menjadi satu kali atau tidak olahraga sama sekali akibat hujan deras terus mengguyur sepanjang hari.

Selain itu, musim hujan juga kadang membuat nafsu makan seseorang menjadi meningkat. Ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Menurut Everyday Health seperti dilansir Kompas.com, berkurangnya paparan sinar matahari menurunkan produksi hormon serotonin. Sebagai informasi, serotonin adalah hormon kebahagiaan dalam tubuh manusia dengan fungsi pendukung yang sangat esensial di kerja otak, kondisi psikologis, kemampuan kognitif, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, hingga kesehatan tulang. Tubuh yang kekurangan serotonin merespons dengan cara memberikan rasa lapar. Hal ini karena serotonin bisa didapatkan dari makanan terutama yang memiliki kadar karbohidrat tinggi. Hal ini menyebabkan kita sering merasa lapar saat hujan.

Kurang olahraga dan terlalu sering makan merupakan kombinasi yang fatal untuk tubuh. Sebab, dua kebiasaan tersebut bisa membuat berat badan seseorang menjadi naik serta memunculkan penimbunan lemak. Patut diketahui, lemak yang tertimbun di sekitar perut dan mengelilingi organ dalam (jantung, hati, pankreas, usus, dan ginjal) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kanker.

Yuk hindari masalah kesehatan yang lebih buruk pada masa depan akibat kurang gerak dan terlalu banyak makan selama musim hujan. Caranya dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Mengurangi makanan tinggi kalori
Tubuh memang butuh kalori. Namun kalori yang berlebihan tanpa diiringi aktivitas luar ruang hanya akan membuat berat badan naik. Dengan mengurangi asupan kalori, tubuh akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

2. Konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan serat yang melimpah. Dengan asupan serat yang cukup banyak, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda jadi tidak tergoda untuk 'ngemil' atau mengonsumsi makanan secara berlebihan yang berpotensi menimbun lemak di dalam tubuh.

3. Rutin bergerak
Tidak ada waktu untuk berolahraga selama musim hujan? Tak masalah. Anda bisa buang lemak sekaligus mengecilkan perut buncit dengan sekadar aktif bergerak di dalam rumah/kantor sebelum dan sesudah makan siang.

4. Hindari minuman manis
Usahakan tidak mengonsumsi minuman manis seperti soda, susu kemasan, atau boba. Sebab, mengonsumsi minuman manis ditambah jarang olahraga sangat mudah membuat berat badan naik dan perut menjadi buncit.

5. Puasa serta istirahat yang cukup
Puasa juga menjadi salah satu cara efektif menghilangkan perut buncit. Anda bisa berpuasa selayaknya umat muslim melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan atau sekadar puasa makanan dan hanya mengonsumsi air putih selama 12 jam. Selain berpuasa, coba atur pola tidur Anda. Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

 

Butuh bantuan ?