Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal

5 Oktober 2023



Ginjal yang tidak berfungsi secara optimal dapat menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya. Celakanya, kerusakan ginjal dapat terjadi akibat kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa kita sadari. Apa saja kebiasaan buruk tersebut:

1.    Konsumsi Kadar Garam Tinggi
Konsumsi garam dan sodium yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah dan berpotensi merusak ginjal. Konsumsi garam terlalu banyak dapat mengurangi kinerja ginjal Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa memicu penyakit gagal ginjal.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Beragam Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal

2.    Konsumsi Makanan Olahan
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan bisa membahayakan ginjal dan tulang pada orang tanpa penyakit ginjal.

3.    Kurang Konsumsi Air Putih
Minumlah air putih setidaknya dua liter per hari untuk menghindari penyakit batu ginjal. Konsumsi air putih yang cukup dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik serta membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Baca Juga: Gejala dan Langkah Antisipasi Gagal Ginjal Akut di Anak-anak

4.    Menahan Buang Air Kecil
Kebiasaan buruk selanjutnya yang dapat memicu kerusakan ginjal adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Padahal ini adalah salah satu penyebab utama yang membuat infeksi ginjal karena bakteri mengendap terlalu lama di kandung kemih.

5.    Sering Begadang
Terlalu sering begadang akan menimbulkan risiko kesehatan dan menurunkan imun tubuh.. Dampak jangka panjang adalah infeksi ginjal dan saluran kemih.

Baca Juga: Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal, Akibat Kurang Minum?

6.    Berlebihan Mengonsumsi Pereda Nyeri
Anda harus berhati-hati bila terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri karena akan memicu kerusakan ginjal. Biasanya obat pereda nyeri seperti golongan antiperadangan memiliki efek terhadap ginjal.

Yuk, mulai mengurangi kebiasaan buruk agar ginjal tetap sehat. Sayangi ginjal dan kesehatanmu sedini mungkin. Selain itu, lindungi kesehatan dengan asuransi kesehatan yang dapat menjaga Anda bila sewaktu-waktu terserang sakit. Sequis menyediakan produk Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) dengan beragam pilliihan manfaat dan harga premi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan. Jangan ragu menghubungi Sequis Personal Assistant di https://www.sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?