Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenali Dua Jenis Asuransi Jiwa yang Anda Butuhkan

3 Januari 2024


Asuransi adalah sebuah pemindahan risiko dari perorangan ke perusahaan asuransi. Jadi, memiliki asuransi sangat berguna bagi Anda untuk melindungi kesehatan dan finansial dari hal-hal yang tidak diinginkan pada masa depan. 

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga layak dimiliki. Terutama oleh kepala keluarga selaku pencari nafkah utama. Nantinya,  perusahaan asuransi akan memberikan Uang Pertanggungan (UP) kepada ahli waris bila kepala keluarga tutup usia atau mengalami kecelakaan yang berujung cacat total tetap. UP bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah keluarga tidak lagi mendapatkan pemasukan tetap dari Tertanggung.

Baca Juga
Perencanaan Warisan untuk Lindungi Aset & Kelangsungan Hidup
Dua Asuransi Jiwa yang Bisa Dijadikan Warisan untuk Keluarga
Miliki Asuransi Jiwa Bila Sudah Berkeluarga
Contoh Asuransi Jiwa Terjangkau dari Sequis
Opsi Investasi Jangka Panjang Selain Emas & Reksa Dana

 

Patut diketahui, produk asuransi jiwa menawarkan perlindungan berdasarkan jangka waktu yaitu asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup. Yuk, kenali kedua jenis asuransi tersebut. 

Asuransi Jiwa Berjangka 
Jenis asuransi ini dikenal dengan sebutan term life insurance yang merupakan produk asuransi yang memiliki batas waktu pertanggungan sesuai yang Anda pilih. Jangka waktu biasanya 5, 10, 15, dan 20 tahun. Ketika memilih 10 tahun, maka perusahaan asuransi akan menanggung risiko finansial Anda dalam jangka waktu 10 tahun terhitung dari tanggal polis asuransi jiwa Anda aktif. 

Asuransi Jiwa Seumur Hidup
Asuransi ini dikenal juga dengan nama whole life insurance merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi seumur hidup. Biasanya batasan usia yang ditentukan oleh perusahaan asuransi adalah 100 tahun. Batasan ini ditentukan berdasarkan catatan angka harapan hidup masyarakat Indonesia yang berada di angka 70 dan 72 tahun. 

Setelah mengetahui perbedaan asuransi jiwa berjangka dan seumur hidup, belum lengkap bila Anda belum membaca mengenai fase kehidupan. Karena hal ini dapat memengaruhi pilihan Anda terhadap jenis asuransi jiwa di atas. Kehidupan yang bergerak dinamis memengaruhi prioritas dalam hidup Anda. Kebutuhan tanggungan keluarga tentunya akan berubah seiring dengan berubahnya fase kehidupan tersebut. 

Fase kehidupan saat muda 
Pada fase kehidupan ini, banyak generasi muda merasa belum perlu proteksi asuransi. Umumnya mereka lebih mengedepankan kesenangan dan hiburan. Padahal, hal-hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja dan di manapun. Memiliki asuransi bisa membantu menghadapi hal tersebut. Semakin dini berasuransi maka semakin tinggi risiko finansial yang bisa diterima. 

Baca Juga
Tips Menghitung Uang Pertanggungan Polis Asuransi Jiwa
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Pilih Asuransi Jiwa
Penjelasan Tentang Asuransi Unit Link, yang Minat Wajib Baca
Siapa yang Tak Butuh Asuransi Jiwa? Bruce Wayne alias Batman
Problem Finansial yang Harus Dibahas dengan Pasangan

Fase kehidupaan saat sudah berkeluarga
Pada fase ini, semua akan berubah, termasuk prioritas kebutuhannya. Bila tadinya menanggung diri sendiri, sekarang Anda harus menanggung pasangan juga. Apalagi bila sudah memiliki anak. Pastikan anak mendapatkan kehidupan yang layak dan masa depan yang baik dengan cara memiliki asuransi jiwa. Jenis asuransi ini yang akan melindungi keluarga Anda secara optimal di masa depan. Untuk kepala keluarga, hal yang dapat diberikan kepada keluarga adalah menyiapkan tabungan pendidikan, menyediakan tempat tinggal, kendaraan, dan kebutuhan hidup lainnya. Sebagai kepala keluarga harus cermat, dan berhati-hati mengelola keuangan. Jadikan asuransi sebagai jaring pengaman finansial keluarga.

Fase kehidupan pensiun 
Fase terakhir adalah ketika memasuki masa pension. Asuransi jiwa akan sangat membantu Anda sekali memasuki usia tua yang sejahtera. Pasalnya, asuransi jiwa yang Anda beli, dapat memberikan uang pertanggungan (UP) untuk Anda menjalani kehidupan di masa tua yang nyaman. Dan bila ternyata sudah tutup usia sebelum pertanggungan selesai, dana UP ini bisa dialihkan kepada keluarga atau anak cucu, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membiayai masa depan seperti sekolah anak, membayar utang, atau hal berguna lainnya. 

Melalui www.sequis.co.id, Anda juga bisa mencari tahu beragam jenis asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB, bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Butuh bantuan ?