Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenali Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bisa Kasih Cuan

9 Maret 2022



Tidak ada kata terlambat atau terlalu awal untuk melakukan investasi jangka panjang. Bila dilakukan dengan cermat dan penuh perhitungan, investasi jangka panjang bisa menjamin masa tua yang sejahtera.

Sebelum berinvestasi, Anda harus paham seluk beluk investasi jangka panjang. Pada dasarnya, investasi jangka panjang adalah investasi yang dijalankan secara terus menerus dan dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Jadi investor jangka panjang tidak boleh tamak. Ketika tujuan sudah tercapai, investor investasi jangka panjang bisa mengambil cuan yang sudah didapat. Misal, investasi atau hasil dividen sudah mencukupi jumlah yang dibutuhkan untuk biaya sekolah anak. Pada saat itulah, investor bisa melepas investasi dan mengambil keuntungannya.

Ada beberapa jenis investasi jangka panjang yang saat ini tersedia dan layak Anda pertimbangkan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.    Saham
Saham merupakan jenis investasi yang memiliki potensi keuntungan serta kerugian yang cukup besar. Di investasi ini, keuntungan dapat Anda terima dari kenaikan harga saham yang telah dibeli dan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, profit juga bisa didapat dari pembagian dividen perusahaan yang akan diberikan pada periode tertentu. 

2.    Reksa Dana 
Reksa dana bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang baru ingin memulai investasi jangka panjang. Jenis investasi ini adalah salah satu jenis investasi yang aman karena tidak memerlukan keahlian dan dana yang besar. Dana yang Anda sertakan akan dikelola oleh manajer investasi profesional dengan diversifikasi risiko. Reksa dana bisa dijadikan investasi jangka panjang dengan perasaan yang tenang.

Baca Juga
Pahami Konsep Budgeting 80/20 untuk Investasi Jangka Panjang
Strategi Alokasi Gaji Agar Bisa Investasi Jangka Panjang
Rekomendasi Jenis Investasi untuk Persiapan Dana Pensiun
Apa Investasi yang Cocok untuk Anda? Yuk Cari Tahu di Sini
Hobi Belanja Tapi Ingin Investasi Lancar? Bisa Kok!

3.    Emas 
Untuk investasi jangka panjang dengan risiko rendah, emas adalah salah satunya. Nilai jualnya yang cenderung stabil atau naik, menjadi salah satu alasan juga mengapa hingga sekarang, emas masih menjadi pilihan utama untuk investasi jangka panjang. Di masa modern ini, bentuk emas pun sudah beragam, dari emas fisik hingga tabungan emas. 

4.    Properti
Investasi jangka panjang lain yang juga menguntungkan selain emas adalah properti. Namun untuk jenis investasi ini, Anda memerlukan dana yang cukup besar. Walaupun memang peluang keuntungannya juga akan jauh lebih besar dalam jangka panjang. Harga tanah dan bangunan pada umumnya mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sehingga walaupun Anda mengeluarkan dana yang besar, namun keuntungan atau imbal hasil yang akan Anda terima juga besar.  

5.    Obligasi
Obligasi merupakan sebuah surat utang yang bisa dibeli. Didalamnya berisi tanggal jatuh tempo pembayaran beserta utang dan bunganya. Obligasi banyak dijadikan sebagai pilihan untuk menyiapkan dana pensiun. Kelebihan obligasi adalah dari sisi keamanannya uang dijamin oleh undang-undang serta bunga yang cukup besar.

Butuh bantuan ?