Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenapa Suntik Vaksin Covid-19 Harus Dua Kali?

24 Agustus 2021


Vaksinasi covid-19 sudah berlangsung sejak awal 2021. Hingga awal Agustus 2021, sudah ada 22,2 juta yang vaksinasi lengkap (dua kali suntik). Sementara itu, yang baru melakukan satu kali vaksinasi mencapai sekitar 48 juta. Golongan ini diharapkan sudah vaksinasi lengkap dalam beberapa pekan hingga bulan mendatang.

Lantas, kenapa masyarakat harus menerima dua kali vaksin covid-19? Menurut UCLA Health yang dilansir oleh sejumlah media online di Indonesia, dua kali vaksinasi akan meningkatkan dan menguatkan respons imun yang sudah terbentuk setelah penyuntikan pertama.

Jadi, suntikan pertama guna memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua memberikan kesempatan bagi sistem imun untuk memproduksi lebih banyak antibodi.

Sistem kekebalan membutuhkan waktu paparan ekstra untuk mempelajari cara efektif melawan virus karena vaksin tidak bereplikasi di dalam tubuh seperti virus.

Baca Juga
Serba-Serbi Vaksin Covid-19: Pfizer-BioNTech
Menelaah Mitos dan Fakta Mengenai Vaksin Covid-19
Rekomendasi Hampers di Masa Pandemi Covid-19
Cara Cegah Ngantuk Usai Vaksinasi Covid-19
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?

Vaksin harus dua kali berarti memberi kesempatan yang besar untuk tubuh melawan virus Corona. Vaksin diberikan dalam rentang jarak yang berbeda, tergantung jenis vaksin Corona yang didapatkan.
Jarak penyuntikan dosis pertama dan dosis kedua ini bergantung pada jenis vaksin yang didapat saat pertama kali. Untuk vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Bio Farma, waktu terbaik untuk penyuntikan dosis kedua adalah 28 hari setelah suntikan pertama. Sedangkan, untuk vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca, dosis kedua diterima 12 minggu setelah dosis pertama.

Karyawan Sequis Terima Vaksinasi Covid-19
Sequis memberikan vaksinasi covid-19 kepada para karyawan yang berada di kantor pusat (head office), 20 Mei & 10 Juni 2021. Vaksinasi ini sebagai bagian dari perluasan cakupan program vaksinasi gotong royong yang telah diizinkan pemerintah dengan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinopharm. 

Kegiatan vaksinasi ini merupakan rangkaian kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Gunung Sewu Group untuk mendukung tercapainya target vaksinasi nasional, khususnya di lingkungan kerja Sequis Tower dan Sequis Center. 

Vaksinasi di lingkungan Gunung Sewu Group ini disambut baik oleh seluruh karyawan. Ratusan karyawan Sequis hadir untuk menerima vaksin di gedung Sequis Center Jakarta yang dimulai pukul 8:30 sampai 17:00 WIB. Karyawan dibagi dalam 8 kelompok untuk menghindari antrian dan kerumunan. Seluruh tata laksana kegiatan telah sesuai petunjuk teknis pelayanan vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Sama seperti prosedur vaksinasi covid pada umumnya, karyawan yang ikut dalam program vaksinasi gotong royong ini harus melewati tahap awal, yaitu assessment dari petugas untuk menentukan kelayakan tubuh menerima vaksin. Peserta harus menjawab sejumlah pertanyaan skrining pada formulir yang telah dibagikan. Karyawan juga diobservasi selama 30 menit setelah penyuntikan vaksin untuk melihat kondisi tubuh sebelum mendapat sertifikat vaksin.

Butuh bantuan ?