Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenyang Lebih Lama dan Berhenti Ngemil dengan Tips Ini

2 Maret 2023



Pernah merasa lapar walau sudah makan? Biasanya seseorang memilih untuk ngemil ketika lapar muncul namun waktu makan siang/malam belum tiba. Sebuah kebiasaan yang berbahaya bagi tubuh bila dilakukan terlalu sering.

Menurut situs kesehatan Eat This, terlalu sering ngemil bisa membuat tubuh kelebihan kalori, menurunkan imunitas tubuh yang berujung meningkatkan risiko peradangan atau terkena berbagai penyakit, serta obesitas.

Nah, agar Anda bisa mengurangi kebiasaan ngemil dan membuat rasa lapar tak mudah muncul, silakan melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Makanan Kaya Serat
Konsumsi serat bisa didapatkan dari buah, sayur, dan biji-bijian. Ketiganya bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun, sejumlah pakar medis menyarankan agar Anda mengkombinasikannya dengan makanan karbohidrat. Sebab, terlalu banyak makan serat membuat seseorang haus sepanjang hari. Ini terjadi karena protein dan serat butuh banyak air untuk dicerna

2. Makanan Tinggi Karbohidrat
Jenis makanan tinggi serat bisa didapatkan dari roti, nasi, atau kentang. Ketiganya mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa menjaga tingkat energi Anda dan membuat tubuh kenyang lebih lama.

3. Makanan dan Minuman Tinggi Air
Hindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan dengan tinggi air seperti buah-buahan, sayuran, dan jus mentimun atau tomat. Untuk minuman, pilih air kelapa agar bisa menahan cairan di tubuh lebih lama.
Meski begitu, usahakan untuk mengkonsumi minuman dengan porsi yang terlalu banyak. Sebab minum terlalu banyak air dapat mengencerkan asam lambung dan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

4. Protein dari produk susu dan daging tanpa lemak
Makanan seperti itu bisa Anda dapatkan dari susu, telur, ayam, dan yogurt. Menurut sejumlah literasi, jenis makanan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Butuh bantuan ?