Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ketahui Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik Agar Klaim Lancar

8 November 2021



Komplain dari aktris sekaligus politisi di Tanah Air, Wanda Hamidah kepada salah satu perusahaan asuransi pada pertengahan Oktober 2021 cukup mengagetkan. Sebab dalam komplain itu, Wanda Hamidah menyebut telah menyesal menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut karena tidak mendapatkan manfaat yang diharapkan. 

Sejauh ini, pihak perusahaan asuransi selaku Penanggung Wanda beserta keluarga sudah memberikan klarifikasi. Menurut pemberitaan di sejumlah media, pihak Penanggung juga siap berdialog lebih lanjut untuk membahas mengenai hal ini.

Kejadian seperti ini seharusnya bisa menjadi pembelajaran untuk nasabah, calon nasabah, dan perusahaan asuransi. Dari sisi perusahaan, agen asuransi dituntut menjelaskan mengenai syarat, ketentuan, dan manfaat dari produk yang ditawarkan dengan komunikasi yang mudah dimengerti oleh calon/nasabah. Dengan begitu, calon nasabah paham mengenai pembayaran premi, pengecualian, serta penyakit apa saja yang ditanggung serta yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Calon nasabah atau yang sudah menjadi nasabah juga wajib untuk membaca dengan cermat isi polis asuransi. Tanyakan kepada agen bila Anda menemukan istilah atau ketentuan yang tidak dimengerti.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Asuransi Memberikan Proteksi
Pada dasarnya, banyak keuntungan yang bisa didapat dengan memiliki asuransi kesehatan. Salah satunya memberikan perlindungan kesehatan terhadap diri sendiri dan keluarga. Meski begitu, Anda jangan asal membeli asuransi kesehatan. Sebelum membelinya, ada beberapa kriteria yang harus dicermati. 

1.    Produk memberikan jaminan yang lengkap
Asuransi kesehatan yang baik seharusnya memiliki pelayanan yang lengkap termasuk rawat inap dan rawat jalan. Selain itu, asuransi tersebut juga memudahkan Anda untuk menambahkan layanan lain seperti perawatan gigi, kehamilan serta persalinan, dan lain sebagainya.

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

2.    Memiliki rekanan rumah sakit yang luas
Ada baiknya menanyakan daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi sebelum memutuskan membeli asuransi. Semakin banyak rumah sakit rekanan dan dengan jangkauan kota/negara yang luas tentunya semakin baik. Karena dengan begitu Anda bisa menggunakan fasilitas asuransi tersebut di manapun.

3.     Memberikan perlindungan maksimal
Besar perlindungan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan per tahun patut dipertimbangkan. Semakin besar, semakin bagus karena ada jaminan ketersediaan biaya pengobatan dan perawatan yang cukup. Contohnya perlindungan dari Sequis Q Infinite MedCare Rider yang memberikan 4 pilihan Plan perlindungan kesehatan hingga Rp90 miliar per tahun. 

4.    Memiliki fitur Cashless
Cashless adalah fitur yang memudahkan pengguna asuransi untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit rekanan hanya dengan menggunakan kartu asuransi cashless. Nantinya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tagihan rumah sakit karena tagihan akan dibebankan langsung ke perusahaan asuransi.

5.    Asuransi kesehatan dari perusahaan yang tepercaya
Sebelum membeli asuransi pada suatu perusahaan, alangkah baiknya jika Anda menyelidiki track record perusahaan tersebut dalam melayani nasabah. Pastikan juga perusahaan itu memiliki kualitas yang bagus terkait produk, reputasi, pelayanan baik saat akan membeli dan saat proses klaim.

Butuh bantuan ?