Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaat Asuransi Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga

10 Maret 2022



Perlu perencanaan keuangan yang matang agar kebutuhan pribadi dan keluarga tercukupi. Memiliki asuransi adalah salah satu cara perencanaan keuangan yang dianjurkan. Nantinya, asuransi bisa memberikan perlindungan untuk kesehatan dan finansial Anda dari hal-hal tidak terduga pada masa depan.

Untuk lebih detil, ada baiknya diceritakan dalam sebuah contoh kasus. Keluarga A memiliki dana sebesar Rp500 juta dalam sebuah tabungan dan berencana membeli rumah dan mobil dengan sistem pembayaran tunai. Namun sayangnya mereka tidak diproteksi oleh asuransi kesehatan.

Rencana untuk membeli rumah dan mobil akhirnya harus ditunda. Sebab, sang ayah selaku kepala keluarga dan pemberi nafkah utama menderita penyakit berat dan harus dirawat di rumah sakit. Lantaran tidak memiliki asuransi kesehatan, biaya rumah sakit yang mencapai ratusan juta Rupiah harus dilunasi menggunakan tabungan yang tadinya bakal digunakan untuk beli rumah dan mobil.

Kisah Keluarga A tentunya bisa berbeda bila sang ayah sudah diproteksi oleh asuransi kesehatan. Sang ayah bisa mendapatkan perawatan maksimal dan keluarga tidak dipusingkan dengan biaya rumah sakit karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

1.    Oh ya, selain asuransi, dana darurat dan investasi juga masuk dalam perencanaan keuangan yang harus dimiliki setiap orang/keluarga. Berikut manfaat yang bakal didapat seseorang bila memiliki dana darurat/investasi:TertanggungDana darurat

Dana darurat merupakan dana yang secara khusus disiapkan untuk keadaan-keadaan darurat seperti biaya rumah sakit, kehilangan pekerjaan, dan keadaan tak terduga lainnya. Dana ini dipisahkan dari tabungan, yang jumlahnya minimal sebesar tiga kali lipat dari nilai gaji per bulan. Idealnya, dana darurat ini dapat disimpan dalam bentuk tabungan, deposito, atau reksa dana pasar uang. Ketiga produk ini adalah produk keuangan yang aman dan mudah diakses, serta cepat dicairkan. 

2.    Investasi
Bila dana darurat dan manfaat asuransi sudah masuk dalam perencanaan keuangan, hal selanjutnya yang patut dipertimbangkan adalah investasi. Dibandingkan tabungan konvensional, investasi dinilai cukup menguntungkan untuk dimanfaatkan jangka panjang. Saat ini sudah banyak sekali pilihan instrumen investasi yang dapat membantu Anda mewujudkan perencanaan keuangan. 

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Beberapa jenis asuransi yang dapat membantu perencanaan keuangan 
Beberapa manfaat asuransi dapat membantu terwujudnya perencanaan keuangan Anda; asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan, dan lainnya. Bila Anda memiliki tanggungan dalam keluarga, Anda wajib memiliki manfaat asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis, disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

1.    Manfaat asuransi jiwa
Asuransi jiwa adalah sebuah program perlindungan untuk mendapatkan keamanan finansial bagi ahli waris. Secara umum, bila seseorang memiliki asuransi jiwa, orang tersebut akan membayar premi secara berkala. Manfaat asuransi yang bisa didapatkan adalah uang pertanggungan yang akan diberikan bila Tertanggung tutup usia. Beberapa manfaat asuransi jiwa yang bisa Anda dapatkan adalah:
-    Santunan berupa uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris ketika pencari nafkah tutup usia
-    Menjaga kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris dengan adanya uang pertanggungan, untk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk biaya sekolah
-    Manfaat asuransi berupa santunan bila Tertanggung mengalami risiko cacat sebagian atau permanen
-    Membantu pengelolaan keuangan karena secara berkala Anda menyisihkan dana untuk membayar premi 
-    Untuk asuransi jiwa unit link, selain proteksi, Anda juga mendapatkan imbal hasil dari investasi 
-    Manfaat asuransi jiwa juga bisa sebagai persiapan pensiun

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

2.    Manfaat asuransi kesehatan 
Pada dasarnya, asuransi kesehatan akan membantu semua kebutuhan biaya perawatan kesehatan hingga tindakan operasi. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan sesuai dengan kontrak dan kesepakatan berdasarkan premi yang Anda bayarkan. Dua manfaat umum asuransi kesehatan yang bisa Anda dapatkan: 
-    Rawat inap merupakan salah satu manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan, biasanya meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratoriun, biaya melahirkan, biaya gawat darurat
-    Rawat jalan, manfaat asuransi ini meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat sesuai resep, biaya tindakan pencegahan, dan biaya-biaya lainnya yang dianjurkan oleh dokter. 
-    Manfaat nilai tunai

3.    Manfaat asuransi penyakit kritis
Asuransi ini penting dimiliki karena risiko biaya perawatan kesehatan berat dan kritis di masa depan bisa ditanggung. Tiga manfaat asuransi penyakit kritis yaitu:
-    Melengkapi manfaat asuransi kesehatan. Bila terkena penyakit kritis, biaya pengobatan yang diperlukan tentunya akan lebih besar dibanding penyakit biasa. Dan bila asuransi kesehatan Anda tidak menanggung semua penyakit maka asuransi penyakit kritis bisa melengkapinya. 
-    Bila Anda terkena penyakit kritis dan tidak dapat bekerja dengan baik, asuransi penyakit kritis akan memberikan uang pertanggungan yang bisa digunakan sebagai modal untuk operasional dalam perawatan. 
-    Uang pertanggungan yang didapatkan, bisa menjaga kondisi keuangan tetap stabil pada saat proses perawatan. 

Anda bisa segera cari tahu beragam produk asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda di Sequis. Klik Informasi lengkapnya www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?