Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaat Rider Asuransi untuk Memproteksi Keluarga

31 Oktober 2022



Apakah Anda pernah mendengar istilah rider atau asuransi tambahan? Rider merupakan manfaat yang dapat ditambahkan pada polis dasar asuransi yang sudah dimiliki.  Banyak yang belum paham, masih ragu apakah benar-benar membutuhkan, atau rider apa yang cocok. Untuk itu, Head of Health Strategic Business Unit Sequis Mitchell Nathaniel menjelaskan mengenai rider asuransi untuk membantu nasabah agar dapat memutuskan apakah sudah saatnya menambahkan rider dan bagaimana memilih rider yang cocok untuk melindungi diri dan keluarga.

Pertimbangan awal sebelum memutuskan perlu tidaknya menambahkan rider, cek polis yang dimiliki saat ini untuk mengetahui apakah manfaatnya masih sesuai dengan kebutuhan masa kini dan relevan pada masa depan? Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah semakin banyak virus dan bakteri serta munculnya penyakit baru yang dapat mengganggu kesehatan. Sebagai contoh, pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 telah menyebabkan jutaan kematian dan menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang sehingga asuransi jiwa dan kesehatan sangat dibutuhkan.  

Jika Anda berpikir perlu untuk menambahkan manfaat tambahan maka pastikan kondisi keuangan Anda mencukupi untuk membayar premi asuransi tambahan ini hingga jangka panjang. Meski sepadan dengan manfaat yang bisa didapat tapi jangan sampai keuangan keluarga menjadi tidak sehat karena membeli rider. Namun demikian umumnya premi pada rider masih terjangkau.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menambahkan rider adalah kondisi kesehatan dan gaya hidup. Bagi mereka yang tidak punya banyak waktu berolahraga sementara gaya hidup juga kurang sehat pastinya lebih berisiko mengalami penyakit berat. Demikian juga mereka yang bekerja di luar kantor dengan mobilitas tinggi juga tergolong berisiko mengalami kecelakaan. Merasa sehat bukan jaminan pasti sehat. Oleh sebab itu, ketahui riwayat penyakit dalam keluarga karena risiko terkena penyakit kritis bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Semua kondisi tersebut bisa dipertimbangkan untuk memutuskan perlu tidaknya menambahkan rider.

Secara umum biasanya orang menambahkan rider agar asuransi yang dimilikinya dapat lebih optimal memberikan proteksi. Hal ini karena risiko yang dihadapi pencari nafkah yang menjadi Tertanggung dalam polis asuransi tidak hanya risiko kematian tapi juga ada risiko sakit kritis, kecelakaan, atau ketidakmampuan tetap pada fungsi tubuh hingga tidak mampu lagi bekerja mencari nafkah. Di sinilah rider akan sangat terasa manfaatnya.

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

Sebagai pencari nafkah, kita harus melakukan perencanaan keuangan yang baik, yakni pendapatan yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan. Alokasikan sebagian pendapatan untuk dana darurat dan asuransi jiwa dan kesehatan serta investasi. Dengan berasuransi Anda dapat meredam guncangan keuangan jika terjadi risiko kehidupan, seperti kecelakaan, memerlukan perawatan medis, terkena penyakit kritis hingga meninggal dunia. Dengan demikian anggota keluarga masih dapat melanjutkan hidup dengan layak dan mencapai impian mereka.

Beberapa rider yang umum dalam asuransi adalah sebagai berikut.

Payor Benefit
Payor benefit merupakan manfaat pembebasan premi jika terjadi risiko kematian atau terjadi ketidakmampuan total secara tetap karena penyakit yang terjadi pada Pemegang Polis (pembayar premi) sehingga nasabah tidak perlu lagi membayar premi namun perlindungan tetap diberikan sampai masa perlindungan selesai atau jika meninggal dunia maka Ahli waris akan mendapatkan manfaatnya.

Critical Illness
Critical Illness
atau penyakit kritis memiliki kategori khusus yang mencakup beberapa jenis penyakit yaitu gagal ginjal, penyakit jantung, kelumpuhan, kanker, stroke, dan sebagainya. Dengan menambahkan rider Critical Illness maka polis nasabah akan ditambahkan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit kritis.

Permanent Disability
Menambahkah rider permanent disability berarti memberikan pertanggungan jika terjadi risiko kehilangan fungsi anggota tubuh sehingga mengalami cacat permanen maupun sebagian karena sakit atau kecelakaan pada Tertanggung. Misalnya, kehilangan satu tangan akan mendapatkan sekian persen dari Uang Pertanggungan (UP).

Accidental Death
Rider ini akan memberikan manfaat UP dari rider asuransi kecelakaan (double indemnity) jika Tertanggung mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan kematian secara langsung dalam waktu kurang lebih 90 hari maka perusahaan asuransi akan memberikan UP dari asuransi jiwa yang merupakan asuransi dasar dan dari rider asuransi kecelakaan kepada Ahli Waris (beneficiary).

Spouse and Children Benefit
Rider ini cocok bagi Anda yang memiliki asuransi pendidikan  atau asuransi untuk persiapan pensiun karena rider spouse and children benefit akan menghapus kewajiban pembayaran premi jika Pemegang Polis meninggal dunia.

Asuransi Kesehatan
Rider ini dapat dilengkapi jika Anda memiliki asuransi jiwa. Gunanya adalah memberikan penggantian biaya perawatan jika Tertanggung mengalami sakit dan memerlukan perawatan medis di rumah sakit.

Dengan penjelasan di atas diharapkan Anda sudah dapat mempertimbangkan apakah sudah saatnya menambahkan rider pada asuransi yang dimiliki sekarang. Risiko hidup selalu ada dan jumlah jenis penyakit terus bertambah seiring berubahnya situasi dan bertambahnya usia. Untuk itu,  segera review kembali polis asuransi Anda dan cek apakah manfaat yang disediakan masih mumpuni dan bisa melindungi Anda dan keluarga dari risiko-risiko yang mungkin terjadi.

 

Butuh bantuan ?