Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pilih Rider yang Tepat untuk Lengkapi Manfaat Asuransi Jiwa

7 Oktober 2020



Keuntungan asuransi jiwa dapat dimaksimalkan manfaatnya dengan menambahkan rider. Asuransi tambahan atau biasa disebut rider ditawarkan perusahaan asuransi jiwa selama premi tambahan dibayarkan. Rider bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder. Kehadirannya adalah untuk memberikan perlindungan tambahan yang tidak ditemukan pada polis dasar.

Salah satu rider paling umum dari produk asuransi jiwa adalah payor. Payor akan melindungi pembayar premi. Dengan memiliki rider ini, jika terjadi risiko sakit kritis, cacat tetap total atau meninggal dunia (tergantung jenis rider payor-nya) pada pembayar premi, maka perusahaan asuransi akan meneruskan pembayaran premi. 

Kenaikan biaya angsuran menjadi salah satu hal yang harus menjadi pertimbangansebelum menambahkanrider. Ada banyak rider yang dapat Anda beli untuk melengkapi polisdasar. Namun mana yang paling sesuaibagi kondisi keuangan Anda? Berikut adalah pilihan-pilihan rideryang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki

1.    Accidental death
Kecelakaan adalah kejadian nahas yang dapat menimpa setiap pengendara yang melintas di jalanan dan tidak pernah dapat diduga kapan akan terjadinya. Bagaimana seandainyapengendara  meninggal dunia? Rider Accidental Death akan memberikan santunan sejumlah 100% uang pertanggungan yang dibayarkan kepada ahli waris jika Tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan dalam masa pertanggungan. Santunan sejumlah persentase tertentu juga akan dibayarkan jika Tertanggung mengalami kecelakaan sebagaimana dimaksud dalam polis. 

2.    Permanent disability
Bagaimana jika suatu saat mengalami cacat tetap total yang menyebabkan kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah? Apakah kita akan menggantungkan kondisi ekonomi sepenuhnya kepada orang lain? Dengan rider Total Permanent Disability, Anda akan mendapatkan santunan jika mengalami cacat tetap total karena sakit atau kecelakaan.

3.    Critical illness
Critical illness atau penyakit kritis memiliki kategori khusus yang mencakup beberapa jenis penyakit yaitu gagal ginjal, penyakit jantung, kelumpuhan, kanker, stroke, dan sebagainya. Dengan rider Critical illness yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit kritis nasabah akan lebih siap menghadapi risiko terjadinya penyakit kritis di masa depan.Income benefit 

Jika tertanggung harus masuk rumah sakit dan ada biaya perawatan yang harus ditanggung, rider ini akan memberikanpertanggungan biaya yang dikeluarkan selama menjalani perawatan. Manfaat yang diberikan akan disesuaikan dengan seberapa lama nasabah dirawat di rumah sakit dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan padapolis.

4.    Spouse and children benefit
Rider ini hanya diperlukan jika Anda berencana membeli asuransi pendidikan anak atau asuransi untuk persiapan pensiun. Rider spouse and children benefit akan menghapus kewajiban pembayaran premi bagi suami/istri atau anak-anak apabila pemegang polis meninggal dunia. Hal yang harus Anda pahami sebelum membeli tambahan rider adalah jangka waktu berlakunya rider yang tidak melebihi jangka waktu pertanggungan pada polisdasar. Anda dapat mengkalkulasikan pada usia berapa polisdasar akan dibeli dan mengestimasikan keuntungan asuransi jiwa yang didukung dengan beberapa tambahan manfaat dari rider.

Butuh bantuan ?