Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mau Asuransi Kesehatan tapi Punya Riwayat Kesehatan, Bisa?

6 Desember 2021



Seseorang yang memiliki asuransi kesehatan dan pernah merasakan manfaatnya pasti setuju bahwa asuransi kesehatan adalah pilihan tepat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal tanpa dipusingkan urusan biaya. Namun bagi yang belum memiliki dan merasa selalu dalam kondisi sehat, asuransi kesehatan mungkin dianggap sebagai pemborosan karena harus bayar premi tiap bulan namun manfaatnya belum tentu didapatkan tiap bulan. 

Sebetulnya, asuransi kesehatan dimiliki ketika seseorang dalam kondisi sehat. Dengan begitu, perusahaan asuransi akan memudahkan proses pengajuan asuransi calon nasabah. Selain itu, calon nasabah dengan kondisi kesehatan baik (belum memiliki riwayat penyakit, terutama penyakit berat) serta berusia muda juga berpotensi memiliki asuransi dengan biaya premi yang murah. 

Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit tapi belum punya asuransi kesehatan, apakah mereka masih bisa memiliki asuransi kesehatan? Tenang, mereka dengan riwayat penyakit tidak perlu berkecil hati karena tetap bisa mendapatkan asuransi kesehatan walau mungkin tidak semudah calon nasabah yang masih sehat. Premi yang harus dibayarkan juga bisa lebih mahal. 

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Bagi Anda yang sudah punya riwayat penyakit dan masih ingin memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini:

Tentukan Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan
Bandingkan 3-5 produk asuransi kesehatan sebelum menentukan pilihan. Pilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat sesuai kebutuhan termasuk pelajari penyakit-penyakit yang ditanggung dalam asuransi. Bandingkan pula nilai proteksi, cakupan manfaat, sistem klaim, keluasan rumah  sakit rekanan, serta manfaat yang diberikan untuk penyakit kritis dari setiap produk asuransi kesehatan. 

Perkirakan Bujet  untuk Premi yang Mampu Anda Siapkan
Usahakan menyisihkan 10% dari pendapatan untuk bayar premi asuransi kesehatan. Jangan paksakan keuangan Anda untuk membayar premi yang memiliki harga lebih dari 10 persen dari pendapatan. 

Hubungi Agen Asuransi Terkait
Setelah menentukan produk asuransi kesehatan yang sesuai, segera hubungi  agen asuransi agar mendapatkan informasi lebih detail. Agen asuransi Sequis akan membantu menjelaskan tentang produk asuransi kesehatantermasuk produk asuransi kesehatan bagi calon nasabah dengan riwayat penyakit tertentu. Siapkan daftar pertanyaan penting agar agen dapat membantu menjelaskan dengan lengkap.

Pengajuan Permohonan Asuransi Kesehatan
Bila permohonan dan pengajuan asuransi sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari agen asuransi, biasanya calon nasabah akan diminta untuk tes kesehatan / rekam medis. Ikuti semua prosedur dan jawab pertanyaan dengan jujur. Menjawab pertanyaan dan mengisi data dengan jujur akan memudahkan Anda ketika proses klaim. 

Setelah proses permohonan asuransi, perusahaan asuransi akan menganalisis dan melakukan seleksi risiko calon Tertanggung. Bila ditolak, Anda berhak mendapatkan penjelasan. Namun bila disetujui dengan syarat premi lebih mahal, evaluasi ulang keuangan Anda agar proses bayar premi tidak memberatkan finansial Anda dan keluarga.

Butuh bantuan ?