Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mau Premi Asuransi Kesehatan Murah? Ini Tipsnya

22 November 2023



Memiliki asuransi kesehatan adalah langkah tepat untuk melindungi kesehatan serta mengantisipasi risiko keuangan yang bisa muncul akibat urusan kesehatan pada masa depan. Jadi dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bakal mendapatkan perawatan dan pengobatan optimal ketika sakit serta tidak perlu memusingkan biaya rumah sakit karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Asuransi dengan Premi Terjangkau, Premi di Bawah Rp50 Ribu

Saat ini, banyak produk asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan asuransi di Indonesia. Tentunya, tiap produk asuransi kesehatan memilliki keunggulan dan besaran premi yang berbeda. Usahakan pilih asuransi yang memberikan manfaat sesuai kebutuhan serta jumlah premi yang terjangkau atau tidak memberatkan finansial Anda.  

Untuk urusan premi, beberapa hal berikut ini menentukan jumlah yang harus Anda bayarkan.

1.    Risiko pekerjaan
Bila perusahaan asuransi menilai pekerjaan Anda berisiko (kontraktor, pekerja tambang, dll), Anda akan dikenakan biaya premi yang lebih tinggi.

2.    Kelebihan berat badan
Perusahaan asuransi menganggap kegemukan atau obesitas memiliki risiko yang tinggi baik bagi kesehatan maupun keuangan. Alhasil, seseorang dengan potensi obesitas biasanya akan dikenakan biaya premi asuransi kesehatan yang cukup mahal.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Premi Asuransi, Dijamin Langsung Ngerti

3.    Penyakit bawaan dan rekam medis
Penyakit bawaan dan rekam medis Anda juga menjadi penyebab premi menjadi tinggi. Misal, pria A ingin mengajukan asuransi. Setelah ditelusuri, ayah dari pria A ternyata pernah mengidap diabetes. Riwayat itu membuat perusahaan asuransi memutuskan untuk meningkatkan biaya premi karena seseorang dengan keturunan diabetes berpotensi mengidap penyakit serupa pada masa depan.

4.    Hobi berbahaya
Calon nasabah yang memiliki hobi berbahaya seperti panjat tebing, balap motor, scuba diving, dan sejenisnya memiliki risiko celaka lebih besar sehingga premi yang dikenakan pun tinggi

5.    Merokok
Orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki risiko lebih tinggi dan rentan terhadap banyak penyakit.

Berapa kisaran biaya premi asuransi kesehatan?
Untuk saat kini, kisaran biaya premi asuransi dimulai dari Rp350 ribu hingga Rp5 juta. Besaran ini tergantung tingkat proteksi dan angka tanggungan yang dipilih, serta faktor risiko yang disebutkan di atas. Jadi, agar Anda tidak terbebani premi, sesuaikan dengan kondisi finansial. Ini tips untuk mendapatkan premi asuransi kesehatan terjangkau.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Asuransi dengan Premi Murah

1.    Beli asuransi di usia muda
Jumlah premi umumnya diukur berdasarkan faktor risiko. Yang sangat mempengaruhi adalah faktor usia. Makin tua usia Anda, akan dianggap lebih riskan terkena penyakit hingga menyebabkan kematian. Sehingga, usia yang lebih tua akan dikenakan biaya premi yang lebih tinggi.

2.    Sesuai tagihan
Ada dua metode penggantian tagihan (reimbursement), batas maksimum ditentukan oleh pihak penanggung dan sesuai tagihan (as charged). Cara kedua akan lebih menguntungkan karena biaya perawatan akan diganti sesuai tagihan selama limit tahunan masih tersedia.

3.    Tidak sembarang memilih rider (asuransi tambahan)
Biasanya pada asuransi kesehatan, ada sub perlindungan lain seperti asuransi penyakit kritis. Harga rider tidaklah murah, sehingga sebelum memutuskan membeli, pertimbangkan besaran preminya, jenis penyakit kritis apa saja yang ditanggung, kapan klaim bisa dilakukan, pada stadium berapa uang pertanggungan akan cair, dan lain sebagainya.

4.    Pilih asuransi keluarga
Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, lebih menguntungkan untuk menggunakan asuransi kesehatan keluarga ketimbang asuransi kesehatan individu untuk masing-masing anggota keluarga. Pada asuransi kesehatan individu, untuk keluarga beranak dua, tentu Anda harus membayar empat polis asuransi. Biaya premi asuransi kesehatan tentu akan menjadi semakin mahal. Namun dengan asuransi kesehatan keluarga, Anda hanya harus membayar satu polis asuransi untuk 4 anggota keluarga.

Segera rencanakan perlindungan kesehatan keluarga Anda bersama Sequis. Anda bisa menghubungi agen asuransi Sequis melalui fitur Find Agent pada website Sequis, www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?