Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengapa Kita Perlu Punya Dana Darurat?

6 November 2023



Memiliki asuransi dan punya tabungan masih dipercaya sebagai solusi untuk mengamankan kondisi keuangan dalam jangka panjang. Ketiganya bisa menjadi penyelamat bila seseorang menghadapi musibah tidak terduga seperti kecelakaan atau sakit dan butuh dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Dana Darurat sebagai Pelengkap Asuransi Kesehatan

Selain keduanya, dana darurat juga dipercaya harus dimiliki untuk kestabilan finansial seseorang. Sebetulnya, seberapa penting kita perlu memiliki dana darurat?  

◢    Tidak semua layanan kesehatan ditanggung oleh asuransi
Asuransi kantor yang Anda miliki mungkin tidak menanggung semua layanan kesehatan atau tidak dapat digunakan di semua fasilitas kesehatan. Pada kondisi seperti ini, tabungan darurat akan sangat berguna saat harus membayar sendiri untuk layanan-layanan yang tidak ditanggung asuransi. Ada juga yang memiliki asuransi kesehatan yang bersifat reimburse, tentu dengan cara ini kita harus memiliki dana tunai dulu sebelum biaya perawatan diganti oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Prioritaskan Dana Darurat atau Investasi Jangka Panjang?

◢    Ada batasan biaya kesehatan yang ditanggung asuransi
Manfaat dan nilai pertanggungan yang diberikan asuransi tergantung dari ketentuan polis dan pengecualian. Bila biaya rumah sakit ternyata lebih besar dari batas tahunan polis asuransi maka solusinya kita dapat menggunakan dana darurat yang ada.

◢    Dana bisa dicairkan kapan saja
Ada kalanya muncul biaya yang tak terduga yang harus segera dibayarkan selain biaya pengobatan. Misalnya, mobil yang mendadak mogok, genteng rumah yang bocor, atau ada keluarga yang berduka. Bagi mereka yang tidak punya dana darurat tentu akan kerepotan untuk membiayai keperluan mendadak. Jika pinjaman menjadi solusi yang sering dilakukan maka sebaiknya ditinjau lagi karena utang di bank atau Lembaga pinjaman lainnya mengandung bunga dan meminjam dari teman atau keluarga belum tentu bisa didapat secara cepat dan berisiko mengganggu hubungan baik jika Anda tidak mampu melunasi utang tidak tepat waktu.

Baca Juga: Fungsi Krusial Dana Darurat yang Kadang Disepelekan

Itulah beberapa manfaat memiliki dana darurat selain asuransi. Prioritas dan jumlah untuk masing-masing orang tergantung dari kebutuhan dan kondisi ekonomi. Langkah tepat agar pendapatan dapat memenuhi kebutuhan berasuransi dan memiliki dan darurat adalah mulai mengatur keuangan dan hindari pengeluaran yang tidak perlu atau yang masih dapat ditunda.

Butuh bantuan ?