Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenal Lebih Dekat Asuransi Jiwa Unit Link

20 Oktober 2023


Salah satu produk asuransi jiwa yang populer saat ini adalah asuransi jiwa unit link. Sebuah asuransi jiwa yang memberikan manfaat proteksi serta potensi keuntungan investasi. Bagi Anda yang ingin tahu lebih detal mengenai asuransi jiwa unit link, yuk simak pembahasan berikut ini:

Investasi di Unit Link
Cara kerja investasi di asuransi unit link juga sama seperti investasi saham pada umumnya. Ada risiko penurunan nilai. Nah, risiko inilah yang kadang kurang dipahami oleh nasabah. Ambil contoh kejadian pada 2020. Pada saat itu, ekonomi global dan Indonesia ambruk pada 2020 akibat pandemi covid-19. Lantas, nilai investasi saham (termasuk unit link) juga ikut merosot tajam. Nah, fenomena ini disikapi beragam oleh masyarakat. Ada yang merasa dirugikan karena imbal hasil dari investasi asuransi unit link tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Baca Juga: Apa Saja Jenis Unit Link?

Biaya Premi Asuransi Jiwa Unit Link
Ada berbagai biaya yang harus dikeluarkan nasabah asuransi unit link, di antaranya biaya asuransi, biaya perolehan atas polis (akuisisi), biaya administrasi, biaya pengalihan dana (fund switching), biaya penarikan, biaya top up, serta biaya penghentian/penebusan polis.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Unit Link Sequis untuk 2023

Nilai Tunai Pada Asuransi Jiwa Link Adanya Membantu Meminimalkan Kerugian
Nilai tunai pada asuransi jiwa unit link sifatnya fluktuatif seiring dengan situasi pasar modal atau risiko pasar. Risiko pasar ini erat kaitannya dengan kondisi ekonomi dan sentimen pasar modal yang dapat menyebabkan naik atau turunnya nilai investasi yang akan memengaruhi nilai investasi pada unit pemegang polis asuransi jiwa unit link.

Baca Juga: Apa Sih Manfaat Asuransi Jiwa Unit Link?

Karakter Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi jiwa unit link adalah produk instrumen keuangan yang cukup kompleks. Sebab, produk ini memiliki penggabungan antara unsur investasi dan proteksi dengan perhitungan yang cukup rumit. Oleh karena itu, idealnya calon nasabah membaca dan menelaah isi polis untuk memahami fitur dan ketentuan dari produk tersebut.

Butuh bantuan ?