Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Meraih Financial Freedom dengan Asuransi Kesehatan

8 November 2023



Financial freedom atau dikenal dengan merdeka finansial adalah kondisi keuangan seseorang yang terbebas dari segala utang, memiliki tabungan dan investasi, serta dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dan memenuhi gaya hidupnya. Sebuah pencapaian yang tentunya diinginkan oleh semua orang.

Bagi sebagian orang,  menggapai merdeka finansial dirasa sulit karena di tengah pendapatan yang tak kunjung meningkat, biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari serta pemenuhan gaya hidup justru terus naik.

Baca Juga: Tips Investasi untuk Milenial Demi Raih Financial Freedom

Namun demikian, financial freedom bukan berarti mustahil didapat. Asal, Anda sudah melakukan perencanaan keuangan yang matang sejak muda. Bagi yang Berikut, tips mencapai financial freedom bagi generasi millenial.

◢    Membuat Tujuan Finansial
Buatlah tujuan yang spesifik dan realistis. Misal, Anda berencana membeli kendaraan yang nantinya digunakan untuk transportasi ke kantor. Untuk saat ini, gaji Anda berkisar di Rp5-10 juta per bulan dan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari sekitar Rp3-5 juta per bulan. Dengan skenario itu, sebaiknya Anda menabung untuk membeli motor atau sepeda kelas menengah yang bisa digunakan untuk bike to work. Jangan paksakan finansial Anda untuk membeli mobil dengan cicilan sekitar Rp5-6 juta per bulan. Cicilan itu bisa memberatkan keuangan dan menyebabkan Anda kesulitan untuk menabung atau investasi.

Baca Juga: Bisa Nggak Sih Gaji Pas-Pasan Wujudkan Financial Freedom?

◢    Buatlah bujet bulanan
Mengatur bujet secara berkala (mingguan atau bulanan) bisa mencegah terjadinya ‘besar pasak daripada tiang’. Caranya, catat dengan detail semua pemasukan, lalu buatlah rencana pengeluaran dan bandingkan dengan realisasi pengeluaran. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui pos yang paling banyak membutuhkan dana dan pos yang paling menyedot uang.

◢    Miliki tabungan autodebit
Idealnya, Anda menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung setiap bulan. Silakan menggunakan rumus 50/30/20, yakni 50% pendapatan digunakan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan hiburan, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

Baca Juga: 4 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Keuangan

◢    Memiliki asuransi jiwa dan kesehatan
Uang yang Anda miliki bisa terkuras bila mendadak sakit dan butuh dirawat di rumah sakit. Guna mengantisipasi problem itu, sebaiknya lindungi diri Anda dengan asuransi kesehatan. Selain memudahkan Anda mendapatkan perawatan dan pengobatan secara optimal, keberadaan asuransi kesehatan juga melindungi keuangan Anda dari keharusan membayar biaya rumah sakit.

 

Butuh bantuan ?