Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Olahraga Sebelum atau Sesudah Sarapan, Mana yang Terbaik?

29 Agustus 2023



Olahraga pagi memiliki beragam manfaat. Dengan olahraga pagi, tubuh justru bisa lebih bugar sehingga Anda bisa menjalani hari tanpa disertai rasa lemas. Bahkan menurut situs kesehatan Healthline, olahraga pagi efektif menurunkan berat badan seseorang.

Kini yang menjadi pertanyaan, olahraga pagi sebaiknya dilakukan sebelum sarapan atau setelah sarapan? Untuk mendapatkan jawabannya, silakan intip ulasan yang sudah disadur dari beberapa sumber berikut ini:

Olahraga setelah sarapan
Olahraga setelah sarapan memiliki beragam manfaat, berikut ini beberapa di antaranya:

Sumber energi yang cukup
Sarapan sebelum berolahraga membuat tubuh Anda memiliki sumber energi yang cukup untuk melakukan aktivitas fisik. Ini dapat membantu meningkatkan daya tahan dan performa Anda selama sesi latihan.

Baca Juga: Olahraga pada Malam Hari, Boleh Dilakukan?

Mencegah rasa lapar
Berolahraga dengan perut kosong dapat menyebabkan rasa lapar yang tidak nyaman selama atau setelah latihan. Dengan sarapan sebelum berolahraga, Anda memberi tubuh nutrisi yang diperlukan untuk mengatasi rasa lapar dan menjaga tingkat energi yang stabil selama latihan.

Meningkatkan pemulihan
Lantaran sudah sarapan, tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan untuk memulihkan dan memperbaiki otot-otot yang terbebani selama latihan. Protein dari sarapan dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot yang rusak. Sedangkan karbohidrat akan menggantikan cadangan glikogen yang terpakai selama aktivitas fisik.

Stabilisasi kadar gula darah
Sarapan yang seimbang dengan karbohidrat kompleks, serat, dan protein dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini akan memberikan energi yang konsisten selama latihan dan mencegah lonjakan atau penurunan gula darah yang drastis.

Baca Juga: 3 Olahraga yang Dianjurkan untuk Kesehatan Jantung

Lalu, bagaimana dengan olahraga sebelum sarapan? Apakah tetap baik dilakukan seperti halnya olahraga setelah sarapan? Ulasan berikut ini diharapkan bisa menjawab pertanyaan tersebut:

Olahraga Sebelum Sarapan
Meningkatkan metabolisme

Berolahraga sebelum sarapan dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda sepanjang hari. Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda membutuhkan energi tambahan yang diperoleh dari cadangan glikogen dan lemak tubuh. Bila berolahraga sebelum sarapan, tubuh akan langsung menggunakan cadangan glikogen yang tersedia lalu beralih ke lemak tubuh sebagai sumber energi. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi pembakaran lemak dalam tubuh.

Mengoptimalkan pembakaran lemak
Berolahraga dengan perut kosong dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak. Ketika Anda makan sebelum berolahraga, tubuh cenderung menggunakan energi dari makanan yang baru saja dikonsumsi sebagai sumber utama. Namun, ketika Anda berolahraga sebelum sarapan, cadangan glikogen di tubuh sudah habis, sehingga tubuh beralih ke lemak tubuh sebagai sumber energi utama. Ini dapat membantu meningkatkan proses penurunan berat badan.

Menstabilkan kadar gula darah
Berolahraga sebelum sarapan dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Setelah tidur semalaman, kadar gula darah Anda cenderung lebih rendah. Dengan berolahraga sebelum sarapan, tubuh akan menggunakan glikogen yang tersimpan dan lemak tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah makan.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Berolahraga sebelum sarapan dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan fokus serta konsentrasi Anda. Aktivitas fisik akan merangsang pelepasan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan membuat Anda merasa lebih segar dan siap menghadapi hari.

Ternyata, olahraga sebelum dan setelah sarapan sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan. Silakan pilih yang dirasa nyaman untuk Anda. Terpenting, Anda sudah berusaha secara maksimal untuk meluangkan waktu berolahraga pada pagi hari. Ingat, olahraga pagi diyakini bisa meningkatkan dan menguatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, olahraga pagi bisa membuat badan tidak mudah lelah, meminimalkan tubuh terserang berbagai penyakit seperti infeksi saluran pernapasan atas, hingga penyakit kritis, seperti diabetes.

Butuh bantuan ?