Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengertian dan Fungsi Uang Pertanggungan di Asuransi Jiwa

3 Agustus 2023


Ada beragam istilah yang terdapat di dalam produk asuransi. Beberapa di antaranya adalah 'Polis, Tertanggung, Premi, Lapse, dan Grace Period'. Untuk kali ini, kami akan mengulas istilah yang sangat berkaitan dengan manfaat yang bakal diterima oleh ahli waris produk asuransi jiwa, yakni Uang Pertanggungan.

Uang pertanggungan asuransi jiwa adalah jumlah uang yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dan diterima oleh ahli waris/penerima manfaat asuransi jiwa bila Tertanggung meninggal dunia/menderita cacat total tetap. Jumlah uang pertanggungan telah disepakati antara pemegang polis (Tertanggung) dan perusahaan asuransi pada saat proses pembelian asuransi/penandatangan polis.

Baca Juga
Produk Asuransi Unit Link yang Diminati oleh Masyarakat
Tips OJK Agar Masyarakat Beli Asuransi Unit Link yang Tepat
8 Istilah Penting di Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi Ada Banyak, Mana yang Harus Dimiliki Lebih Dulu?
Manfaat Utama Asuransi Kesehatan, Jiwa, dan Unit Link

Sekadar informasi, ahli Waris adalah orang yang namanya tercantum dalam polis asuransi yang berhak menerima manfaat asuransi ketika terjadi risiko terhadap Tertanggung sesuai dengan isi polis asuransi yang dimiliki. Pastikan polis asuransi masih dalam keadaan aktif (inforce) agar Ahli Waris dapat menerima manfaat asuransi.

Uang pertanggungan asuransi jiwa tiap nasabah berbeda-beda. Jumlahnya tergantung kebutuhan dan kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Nantinya, jumlah uang pertanggungan bisa digunakan oleh ahli waris untuk pemenuhan kebutuhan finansial setelah kehilangan pendapatan dari Tertanggung yang meninggal dunia. Uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya pemakaman, melunasi hutang, membiayai pendidikan anak, serta beragam tujuan keuangan lainnya.

Beberapa istilah dalam asuransi yang digunakan di Indonesia telah dibakukan ke dalam bahasa Indonesia. Termasuk di antaranya adalah Uang Pertanggungan. Namun ada pula yang masih menggunakan bahasa Inggris seperti fraud, cashless, dan lapse.

Istilah-istilah tersebut biasanya yang paling sering digunakan. Tentunya, masih ada beragam istilah lain yang mungkin bakal membingunkan Anda. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada agen tepercaya atau tenaga pemasar Sequis serta Sequis Care bila Anda ingin mendapatkan penjelasan atau tidak paham mengenai istilah-istilah yang terdapat di asuransi. Sequis Care dapat dihubungi via nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?