Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penipuan Kian Marak, Berikut Tips Hindari Asuransi Bodong

9 Oktober 2023



Saat ini, keluhan terkait produk asuransi yang dianggap melakukan penipuan atau dianggap asuransi bodong kerap bermunculan di media sosial. Kabarnya, asuransi jiwa atau asuransi kesehatan bodong tersebut menuai keuntungan dengan  memanfaatkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang literasi keuangan serta produk-produk asuransi.

Baca Juga: Awas Tertipu, Ayo Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong

Oleh karena itu, agar tidak terjerat dalam penipuan asuransi bodong, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai perusahaan asuransi dan produk-produknya:

Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Perusahaan asuransi bodong kadang menawarkan produk-produk asuransi kesehatan/jiwa yang mirip dengan kepunyaan perusahaan asuransi resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bedanya, perusahaan asuransi bodong kadang menawarkan produk dengan manfaat yang terlalu muluk. Misal, manfaat perlindungan Rp100 miliar dan premi hanya Rp100 ribu per tahun.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu secara detail informasi mengenai produk yang ditawarkan. Lakukan perbandingan dengan produk-produk dari perusahaan asuransi yang tepercaya dan terdaftar di OJK seperti Sequis. Cek pula identitas perusahaan asuransi yang sedang menawarkan produk kepada Anda. Cari tahu kinerja keuangan perusahaan yang biasanya sudah tersiar di media-media nasional serta cek perizinan perusahaan di website resmi OJK.

Baca Juga: Tips dari OJK untuk Mengenali Ciri-Ciri Investasi Bodong

Baca Testimoni dan Review Terkait Perusahaan Asuransi
Cek kualitas layanan, kemudahan pengajuan klaim, jaringan mitra rumah sakit, layanan tenaga pemasaran, dan review agen. Semakin banyak nasabah yang memberikan review positif terkait produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di perusahaan itu berarti semakin tepercaya juga perusahaan asuransi tersebut.

Waspadai Produk Asuransi dengan Perlindungan yang Tak Masuk Akal
Sebelum membeli produk asuransi perhatikan dengan saksama manfaat perlindungan asuransi termasuk limit pertanggungan dan biaya preminya. Semakin bagus manfaat perlindungan yang diberikan semakin tinggi pula biaya premi yang harus dibayarkan. Oleh karena itu Anda harus waspada jika ada penawaran produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dengan manfaat dan perlindungan yang terlalu maksimal dan komprehensif tetapi biaya preminya tidak masuk akal.

Selain itu, perusahaan asuransi yang kredibel akan memberikan informasi secara detil kepada nasabahnya tentang produk-produk yang dipasarkan. Produk-produk ini bisa ditemukan pada situs resmi perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan asuransi kredibel juga akan menampilkan hasil kinerja keuangan tahunan mereka pada situs resminya sehingga Anda bisa melihat bagaimana kondisi Laba dan Rasio Pencapaian perusahaan untuk melihat kekuatan keuangannya.

Butuh bantuan ?