Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penjelasan Jenis Asuransi Kesehatan, Dijamin Enggak Rumit

9 November 2021



Anda sudah memiliki asuransi kesehatan Sequis? Bila sudah, kami ucapkan selamat karena Anda sudah mengambil langkah tepat untuk memproteksi finansial Anda dari risiko yang ditimbulkan dari urusan kesehatan. Nah buat yang belum memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya mengetahui manfaat serta jenis-jenis asuransi kesehatan agar nantinya tergerak untuk mendapatkan perlindungan kesehatan.  

Bila dikategorikan berdasarkan jenis perawatan, asuransi kesehatan dibedakan menjadi asuransi kesehatan rawat inap (In-Patient Treatment) dan rawat jalan (Out-Patient Treatment). Bila berdasarkan klaim, ada asuransi kesehatan dengan klaim cashlessdan asuransi kesehatan dengan klaim reimburse 

Baca Juga
Belajar dari Komplain Wanda Hamidah, Pelajari Polis Asuransi
Heboh Komplain di Medsos, Ayo Pilih Asuransi Terbaik 

Asuransi kesehatan juga dapat dibedakan berdasarkan biaya yang ditanggung, meliputi biaya atas rawat inap, yaitu biaya kamar rumah sakit, biaya dokter, dan biaya bedah serta biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat inap. Ada juga biaya atas rawat jalan yang meliputi biaya pembedahan pulang hari, biaya pemeriksaan, dan biaya lain yang berhubungan dengan rawat jalan praopname dan pascaopname. Selain  biaya rawat inap dan rawat jalan, asuransi kesehatan juga menanggung biaya atas manfaat khusus, misalnya keperluan ambulans, laporan medis, alat bantu medis,seperti kursi roda,tongkat, dan masih banyak lagi yang dapat diketahui dari polis asuransi yang dimiliki. 

Asuransi kesehatan juga dapat dikategorikan ke dalam pihak yang ditanggung. Ada asuransi kesehatan yang menanggung individu. Di asuransi ini, premi ditanggung oleh pribadi dan ada juga asuransi kesehatan yang menanggung kelompok atau karyawan dengan premi ditanggung oleh perusahaan.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Jenis asuransi berdasarkan perawatan: 
1.    Asuransi rawat inap 
Menanggung semua biaya rawat inap seperti biaya harian kamar rumah sakit, dokter umum hingga dokter spesialis, pembedahan, perawatan harian, dan hal-hal lainnya yang terkait rawat inap. Banyak orang mengambil manfaat dari jenis asuransi ini karena memberikan perawatan maksimal dan pengawasan dokter lengkap dan pengawasan tim medis selama 24 jam. 

2.    Asuransi rawat jalan 
Biaya ini digunakan untuk menanggung biaya pembedahan pulang hari, pemeriksaan, dan seluruh biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat jalan. Di asuransi kesehatan individu, biaya rawat jalan yang ditanggung adalah biaya rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap. Namun untuk asuransi kesehatan kumpulan, rawat jalan biasanya bisa dilakukan secara tersendiri, tidak perlu syarat sebelum dan sesudah rawat inap. 

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

Jenis asuransi berdasarkan siapa yang ditanggung: 
1.    Asuransi kesehatan individu

Perlindungan dan manfaat jenis asuransi kesehatan ini hanya berlaku untuk tertanggung yang disebutkan dalam kontrak asuransi saja. Asuransi ini tidak dapat dipindahtangankan dan digunakan oleh orang lain karena biaya premi yang dibayarkan disesuaikan dengan perhitungan risiko tertanggung. 

2.    Asuransi kesehatan kumpulan 
Berbeda dengan asuransi kesehatan individu, jenis asuransi ini memberikan perlindungan kelompok yang mecakup misalnya anggota keluarga atau satu perusahaan. Jadi setiap anggota keluarga atau anggota perusahaan mendapatkan perlindungan yang sama dari produk asuransi kesehatan kumpulan yang dimiliki.

Jenis asuransi berdasarkan badan penyelenggara asuransi: 
1.    Asuransi swasta

Jenis asuransi ini dikeluarkan dan dikelola oleh perusahaan asuransi swasta. Premi asuransi ini dibayarkan nasabah secara penuh oleh individu untuk asuransi personal maupun perusahaan untuk asuransi kumpulan. Biaya premi bervariasi sesuai dengan manfaat proteksi yang diterima tertanggung. 

2.    Asuransi pemerintah

Asuransi ini dikenal dengan nama BPJS Kesehatan yang dikelola pemerintah sebagai penyediaan jaminan kesehatan untuk masyarakat secara menyeluruh. Asuransi ini memiliki beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengana asuransi swasta. Karena itu, selain memiliki BPJS, penting untuk Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, kedua jenis asuransi ini bisa saling melengkapi manfaatnya. 

Nah, semoga Anda tercerahkan dan mulai ada minat untuk memiliki asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan. Mulai cari tahu beragam produknya melalui www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?