Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pentingnya Melakukan Evaluasi Polis Asuransi

1 September 2023



Setelah menerima polis, nasabah biasanya diminta untuk membaca dan mempelajari polisnya dengan seksama, yakni apakah data yang tercantum sudah sesuai dan sudah setuju dengan semua syarat dan ketentuan yang tercantum pada polis. Selanjutnya, selama masa perlindungan berlangsung, nasabah dapat mengevaluasi polis secara berkala sebab kebutuhan asuransi bisa saja berubah pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Isi Polis

Mengapa nasabah perlu melakukan evaluasi polis? karena kebutuhan asuransi dapat bertambah seiring pertambahan usia, perubahan kondisi kesehatan, anggota keluarga bertambah,  perubahan lingkungan,  gaya hidup, pekerjaan hingga inflasi ekonomi.

Setiap orang dapat berbeda potensi risikonya tapi beberapa hal tersebut di atas dapat menjadi pertimbangan utama untuk menentukan apakah polis asuransi yang dimiliki saat ini masih relevan atau sudah perlu menambah manfaat atau menambah polis baru.

Faculty Head of Sequis Training Academy of Excellence Samuji, MPD, CFP, CPC menyarankan agar nasabah Sequis melakukan evaluasi polis asuransi pada setiap perubahan tahap kehidupan atau  setahun sekali.

Alasan mengapa kita membeli polis asuransi tentunya agar bisa mendapatkan penanganan medis yang berkualitas saat membutuhkan rawat inap atau mendapatkan Uang Pertanggungan (UP)  untuk keluarga jika terjadi risiko meninggal dunia. Tidak sedikit nasabah yang mungkin saat ini merasa sudah cukup terlindungi karena memiliki banyak polis, tetapi setelah dicek ternyata semuanya adalah polis asuransi jiwa berjangka (term life) dengan jangka waktu pertanggungan tertentu, sedangkan Anda juga perlu proteksi untuk kesehatan, pendidikan anak, pensiun, warisan, dan lainnya.

Baca Juga: Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa

Evaluasi Asuransi Kesehatan
Jika pada tahun 2013  kita membeli polis dengan perlindungan Rp300 juta per tahun atau kamar Rp500 ribu/hari, dengan pertambahan usia dan meningkatnya risiko sakit maka sudah pasti tidak lagi relevan dengan kebutuhan perawatan medis di tahun ini karena biaya kesehatan cenderung naik setiap tahun.

Menurut Mercer Marsh Benefits (MMB) Health Trend 2023, biaya kesehatan di Indonesia naik lebih dari 13% setelah pandemi covid-19 sehingga jika nasabah tidak mengevaluasi manfaat polis asuransi kesehatan, bisa jadi saat nanti dibutuhkan, manfaatnya tidak akan dapat menanggung biaya perawatan medis yang ditagihkan oleh rumah sakit. Besar kemungkinan, selisih nilai tagihan klaim yang harus ditanggung nasabah akan jauh lebih besar. Jika itu terjadi, tentu akan mengganggu kondisi finansial keluarga.

Evaluasi Asuransi Jiwa
Mengenai asuransi jiwa, Samuji menyatakan nilai Uang Pertanggungan (UP) juga perlu dievaluasi sebab ada inflasi yang membuat biaya hidup meningkat. Sama seperti manfaat asuransi kesehatan maka pada asuransi jiwa yang dibeli pada tahun 2013 dengan UP   Rp300 juta bisa jadi tidak lagi relevan lagi dengan biaya hidup tahun ini. Demikian juga jika saat ini UP Rp1 miliar, bisa saja pada 20 tahun mendatang, nilai ini tidak cukup untuk menjadi warisan bagi keluarga saat terjadi risiko meninggal dunia.

Idealnya, UP dapat dimanfaatkan anggota keluarga untuk membiayai kebutuhan dalam jangka waktu tertentu, membiayai urusan pemakaman, dan  melunasi utang Tertanggung semasa hidup jika ada.

Baca Juga: Cek Polis Asuransi Agar Klaim Menjadi Mudah

“Pandemi covid-19 beberapa waktu lalu telah memberi pelajaran bahwa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sangat penting dimiliki oleh semua anggota keluarga. Mereka yang sebelumnya tidak memiliki asuransi merasa sangat menyesal ketika covid mengganggu finansial keluarga karena biaya perawatan medis hingga serangan kematian yang terjadi secara masif,” sebut Samuji.

Samuji juga mengingatkan agar nasabah yang akan melakukan evaluasi polis dapat memperhitungkan pendapatan tahunan dan perkiraan pengeluaran pada masa mendatang agar tidak merasa kesulitan untuk membayar premi dalam jangka panjang.

Sequis  siap membantu Anda, jika ingin melakukan evaluasi polis hingga mengetahui produk dan layanan Sequis. Hubungi agen Anda atau layanan Customer Care Sequis di (62-21) 2994 2929 pada Senin–Jumat pukul 08.15-17.00 WIB atau melalui e-mail care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?