Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penyebab Penyakit Paru-paru yang Kadang Tidak Disadari

3 Pebruari 2023



Banyak hal yang bisa mengakibatkan penyakit paru-paru bisa muncul. Sayangnya, banyak orang mungkin tidak menyadari telah melakukan kesalahan yang memicu terjadi penyakit paru-paru.
Seperti dikutip dari Lung Foundation Australia, berikut ini beberapa faktor umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru:

1. Merokok, pernah merokok, atau sering terpapar asap rokok
2. Bekerja di dalam lingkungan yang memungkinkan terpapar debu, gas, asap, atau bahan kimia
3. Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit paru-paru
 
Di luar faktor-faktor itu, ada juga beberapa hal yang bisa meningkatkan potensi penyakit paru-paru dan kadang tidak disadari oleh masyarakat:

1. Sering menghirup debu di karpet yang kotor
Di dalam karpet yang kotor bisa tumbuh dan berkembang jamur, kotoran kecoa, debu, dan gas beracun yang semuanya bisa merusak paru-paru saat terus-menerus terhirup. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat dan memasang karpet juga bisa menimbulkan masalah pada paru-paru Anda. Jadi, penting untuk memperhatikan kebersihan karpet di sekitar Anda. Disarankan vakum karpet setidaknya 3 kali seminggu dan bersihkan dengan uap setiap setahun sekali.

2. Pestisida
Pestisida biasa digunakan untuk memusnahkan serangga tanaman pertanian atau perkebunan. Jika Anda memakan, menyentuh, atau menghirupnya terus-menerus mungkin tanpa Anda sadari bisa menjadi penyebab penyakit paru-paru Anda. Selain itu, bisa menimbulkan masalah pada saraf, hormon, mata, dan kulit Anda. Sehingga, ada risiko lebih tinggi petani mengalami penyakit paru-paru, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Oleh karena itu, penting untuk petani menggunakan masker, kaca mata, dan pakaian khusus tertutup saat menyemprotkan pestisida. Lalu, masyarakat juga harus mencuci semua sayuran dan buah sebelum dimakan untuk membersihkan cemaran pestisida.

Baca Juga
Bahaya Hustle Culture untuk Kesehatan Paru-paru
Makin Digandrungi, Apa Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh?
Lari Pagi Mencegah Penuaan Dini Sekaligus Membuang Lemak
Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat

3. Kembang api
Kembang api biasanya menjadi atribut pesta yang memeriahkan suasana, tetapi di sisi lain benda ini bisa berbahaya untuk paru-paru Anda. Kembang api yang berwarna-warni dibuat dari berbagai potongan logam, yang akan meledakkan bubuk halus ke udara saat dipantik api. Jika menghirupnya cukup banyak, bisa memicu gangguan pernapasan, seperti asma dan masalah paru-paru lainnya. Jadi, disarankan menjauh dari asap kembang api yang mengepul saat melihatnya dan bisa menggunakan masker saat memainkannya.

4. Peralatan gas
Kompor, oven, dan pemanas ruangan bisa menjadi pemicu masalah kesehatan paru-paru yang mungkin tidak Anda duga. Saat gas dapur digunakan, bahan kimia yang disebut nitrous oxide, dihasilkan. Proses ini sama seperti saat Anda membakar kayu, minyak tanah, atau batu bara. Jika bahan kimia itu terhirup banyak dan terus-menerus, bisa memicu gangguan pernapasan, seperti batuk, mengi, dan asma. Jadi, penting untuk membuat sirkulasi udara yang baik di dapur dan merawat peralatannya.

5. Bulu dan kotoran burung
Partikel dari bulu dan kotoran burung dapat memicu gangguan pernapasan yang mungkin tidak banyak orang hiraukan. Ketika Anda menghirup partikel udara dari bulu dan kotoran burung, paru-paru bisa meradang dan mungkin berakhir dengan terbentuknya jaringan parut. Dokter menyebut kondisi ini sebagai pneumonitis hipersensitivitas.

Butuh bantuan ?