Mohon Maaf untuk saat ini layanan kami sedang Offline.
Jam operasional layanan kami yaitu pada hari Senin-Jum'at pada jam 08.15-17.00 WIB
Untuk informasi layanan diluar waktu tersebut dapat mengakses email :
Layanan Individu : care@sequislife.com
Layanan Group/ Perusahaan / : fscare.group@sequislife.com
Pertanyaan Sering Diajukan Tentang Cashless Asuransi Sequis
Pembayaran nontunai atau cashless menjadi salah satu fasilitas yang ditawarkan Sequis untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam praktiknya, fasilitas cashless sangat mudah dilakukan oleh nasabah. Anda hanya tinggal menunjukkan kartu asuransi Sequis ketika proses pembayaran di kasir rumah sakit. Jadi, nasabah tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan. Kemudahan ini bakal semakin berguna bila nasabah membutuhkan perawatan di rumah sakit rekanan Sequis di luar negeri.
Baca Juga
Sequis Sediakan Fasilitas Cashless di Malaysia dan Singapura
Ini yang Memudahkan Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan
Serba-serbi Polis dan Tata Cara Tutup Polis Asuransi
Nah selama ini, beragam pertanyaan sudah diajukan oleh calon nasabah atau nasabah Sequis terkait fasilitas pembayaran nontunai atau cashless. Untuk memudahkan Anda, berikut sudah kami rangkum pertanyaan yang biasanya diajukan beserta jawabannya:
Apa itu fasilitas nontunai (cashless)?
Fasilitas cashless merupakan kemudahan bagi Tertanggung untuk menjalani Rawat Inap di Rumah
Sakit Rekanan (provider), dimana Sequis akan melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit
melalui pihak ke-3 yang bekerja sama dengan Sequis dan bertindak sebagai administrator (Third
Party Administrator/TPA).
Di mana saja fasilitas nontunai (cashless) dapat digunakan?
Di dalam negeri maupun luar negeri, sesuai dengan manfaat dan wilayah pertanggungan yang tertera di Polis Anda.
Baca Juga
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati
Bagaimana cara kerja fasilitas nontunai (cashless) untuk perawatan dalam negeri?
a. Anda membawa Kartu Peserta Sequis dan KTP/identitas resmi lainnya ke rumah sakit jaringan
Sequis-AdMedika.
b. Rumah Sakit Jaringan Sequis-AdMedika melakukan verifikasi kepesertaan dan manfaat Anda.
c. Laporan medis awal dikirimkan ke Sequis-AdMedika agar surat jaminan (Letter of Guarantee) diterbitkan.
d. Anda/keluarga menandatangani Formulir Pelayanan Medis dan Surat Pernyataan dari AdMedika.
e. Setelah proses administrasi, perawatan dapat dilakukan.
f. Bila pada akhir perawatan terdapat ekses klaim, Anda perlu membayarnya terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah sakit.
g. Setelah Sequis memproses klaim Anda dan ada ada ekses klaim susulan, akan ditagihkan kepada Anda untuk dibayarkan dalam 14 hari kalender.
Apakah rumah sakit tetap akan meminta uang deposit pada saat saya masuk untuk Rawat Inap, walaupun sudah menggunakan fasilitas cashless?
Terdapat perbedaan kebijakan di setiap rumah sakit saat proses pasien masuk rumah sakit. Ada
rumah sakit tertentu yang meminta deposit, karenanya disarankan agar Peserta menyiapkan deposit untuk setiap perawatan yang akan dilakukan di luar negeri.
Apakah fasilitas cashless dapat ditolak?
Fasilitas cashless dapat ditolak bila:
a. Rumah sakit tersebut bukan rekanan Sequis-AdMedika atau International Assistance dan tidak
mau menerima Letter of Guarantee Sequis-AdMedika atau International Assistance.
b. Apabila status Polis tidak lagi inforce (aktif) saat permintaan perawatan cashless diajukan.
c. Masa berlaku Polis sudah berakhir.
d. Terdapat kelebihan klaim (ekses klaim) yang belum dibayarkan sepenuhnya.
e. Tertanggung melakukan klaim pada saat periode masa tunggu Polis.
f. Pengecualian Polis atau perawatan di luar manfaat Polis.
Baca Juga
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Di PHK saat Pandemi Covid-19? Yuk Atur Ulang Keuangan
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO
Apa yang harus dilakukan jika Rumah Sakit Rekanan tidak mau menerima kartu peserta Asuransi?
Anda dapat menghubungi call center Sequis-AdMedika untuk klarifikasi lebih lanjut dan kemudian
menghubungi customer service Sequis untuk pencetakan kartu pengganti (bila diperlukan).
Apakah setiap tindakan perawatan di Rumah Sakit Rekanan, saya harus selalu membawa kartu
peserta Asuransi?
Ya, namun bila dalam kondisi darurat dan Anda tidak membawa kartu Anda, Anda/kerabat Anda dapat menghubungi call center Sequis-AdMedika dengan menyebutkan nomor Polis dan identitas Anda lainnya agar dapat dilakukan pengecekan.
Apa yang harus dilakukan jika kartu peserta yang dimiliki hilang sedangkan harus segera
mendapatkan perawatan?
Anda dapat menghubungi call center Sequis-AdMedika di untuk klarifikasi lebih lanjut. Nomor yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut:
Indonesia: (021) 29647300
International Assistance Malaysia: 1800220911 (hanya diperbolehkan mengubungi ketika Pasien berada di Malaysia)
International Assistance Singapura: 8004922252 (hanya diperbolehkan mengubungi ketika Pasien berada di Singapura)
Worldwide: +60379621814