Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pertimbangkan Asuransi Pendidikan sebelum Anak Sekolah

8 November 2022



Akhir tahun menjadi momen krusial buat para orang tua. Pada periode inilah orang tua sudah harus menentukan pilihan serta mendaftarkan anaknya ke sekolah untuk tahun ajaran berikutnya.

Sebuah tugas yang tidak gampang. Sebab, puluhan hingga ratusan orang tua akan berlomba-lomba memasukkan anaknya ke sekolah terbaik dengan harga yang sesuai bujet. Sebagai informasi, biaya untuk masuk ke Taman Kanak-anak (TK) di Jakarta dan sekitarnya sudah mencapai belasan hingga puluhan juta pada saat ini. Uang yang harus disiapkan tentunya bisa lebih besar untuk jenjang pendidikan di atasnya.

Agar tidak dibuat pusing urusan biaya, para orang tua bisa mempertimbangkan asuransi pendidikan sebagai pilihan menyiapkan dana pendidikan anak. Untuk mengetahui lebih detail mengenai asuransi pendidikan, silakan simak ulasan berikut ini:

Apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan adalah bentuk jaminan biaya sekolah anak yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Nantinya, perusahaan menjamin ketersediaan uang Pendidikan buat anak bila orang tua (yang notabene bertugas sebagai pencari nafkah) meninggal dunia atau cacat tetap (yang menyebabkan kehilangan pendapatan).

Bagaimana cara kerja asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan disediakan oleh perusahaan asuransi. Produk asuransi pendidikan merupakan pengembangan dari produk asuransi jiwa. Bila orang tua meninggal atau mengalami cacat, anak akan mendapat dana santunan dan juga dana pendidikan yang akan dibayarkan oleh perusahaan sesuai dengan jadwal pencairan yang ada di buku perjanjian polis. Kemudian secara otomatis kewajiban untuk membayar premi akan berakhir

Apa yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan?
Pilih perusahaan asuransi yang tepercaya. Lalu, konsultasi dengan agen tentang jenis produk yang Anda butuhkan. Biasanya agen akan membuat ilustrasi agar Anda memahami manfaat produk yang akan Anda ambil. Pastikan Anda sudah merencanakan pendidikan anak dengan baik sehingga dapat memilih program jaminan yang sesuai untuk buah hati Anda. Misalnya, pertimbangkan jenjang pendidikan dan jenis sekolah yang Anda serta anak inginkan. Apakah anak Anda akan belajar hingga Strata 1 atau Strata 2? Apakah anak Anda akan bersekolah di sekolah negeri atau swasta? Hal-hal tersebut akan menentukan besar premi yang harus Anda bayarkan tiap bulan

Apakah asuransi pendidikan menguntungkan?
Tentu saja menguntungkan. Ingat, biaya pendidikan selalu naik setiap tahun. Inflasi yang terlampau tinggi diprediksi akan membuat biaya kuliah di Universitas favorit di Indonesia mengalami kenaikan hingga Rp 40-60 juta pada lima tahun mendatang. Nah, dengan memiliki asuransi pendidikan, Anda tak perlu risau memikirkan kenaikan biaya sekolah anak. Pendidikan anak juga akan terjamin dari SD, SMP, SMA, hingga Universitas.

Butuh bantuan ?