Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Polis Asuransi Hilang? Tetap Tenang dan Lakukan Hal ini

13 Juni 2023



Polis Asuransi adalah istilah untuk menyebut kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara Perusahaan Asuransi dengan nasabah Pemegang Polis.

Secara umum, polis asuransi memastikan:
1. Pemegang Polis wajib memberikan informasi data pribadi yang akurat dan benar, serta membayar premi sesuai yang tertulis pada polis asuransi.
2. Penanggung wajib memberikan manfaat asuransi saat risiko yang ditanggung terjadi, sesuai dengan ketentuan

Baca Juga
Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Isi Polis
Serba-serbi Polis dan Tata Cara Tutup Polis Asuransi
Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa
Cara Memillih Polis Asuransi
Upgrade dan Evaluasi Polis Asuransi, Apa itu?
Manfaatkan Free Look Period untuk Mempelajari Polis Asuransi

Dengan 'peran' sepenting itu, bagaimana bila polis asuransi hilang atau rusak? Nah, agar tak membuat Anda panik bila kejadian tersebut muncul, yuk simak beberapa tips berikut ini:

Kontak Tenaga Pemasar/Agen Asuransi
Segera menghubungi pihak asuransi melalui tenaga pemasar yang dulu menawarkan produk asuransi kepada Anda. Silakan tanya mengenai prosedur yang perlu dilakukan bila polis asuransi hilang atau rusak.

Nantinya, tenaga pemasar atau agen asuransi akan memberikan bantuan terkait pengurusan dokumen dan memberikan bantuan bila ada pengajuan klaim saat polis asuransi hilang/rusak.

Membuat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi
Pihak asuransi sulit dihubungi? Segera buat laporan kehilangan di kantor polisi terdekat. Selanjutnya, pihak kepolisian akan membuat surat keterangan yang berisi laporan terkait kehilangan polis asuransi dan detail lainnya.

Setelah itu, Anda akan diminta keterangan terkait detail dokumen polis hilang/rusak dan detail tambahan lainnya, seperti jenis asuransi, nomor polis, nama pemegang polis, dan sebagainya. Selanjutnya, bawa atau kirim surat kehilangan tersebut ke kantor perusahaan asuransi untuk membuat pengajuan penggantian kontrak polis yang baru. Biasanya penerbitan kontrak polis duplikat membutuhkan waktu antara dua hingga tiga minggu saja dengan nomor dan ketentuan isi yang sama.

Hubungi Customer Service
Menghubungi customer service bisa ditempuh bila Anda ingin melaporkan kerusakan atau kehilangan polis asuransi. Nantinya, pihak customer care akan melacak database guna mencari informasi terkait polis asuransi yang hilang.

Butuh bantuan ?