Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Polusi Udara Bikin Sakit Tenggorokan, Coba Pengobatan Alami

24 Juli 2023



Polusi udara menjadi masalah serius di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan menurut berbagai sumber, kualitas udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta sejumlah kota besar seperti Bandung, Surabaya, dll menjadi yang terburuk kedua di dunia.

Kondisi ini sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari masyarakat. Bukan apa-apa, polusi udara dapat menyebabkan radang tenggorokan bila seseorang terpapar secara terus menerus. Sakit tenggorokan ditandai dengan rasa nyeri, tidak nyaman, kering, dan gatal di area tenggorokan.

Baca Juga: Dampak Buruk Polusi Udara untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bila sudah mengalami sakit/radang tenggorokan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar gejala tidak bertambah parah. Selain itu, penderita sakit tenggorokan juga dianjurkan untuk mengonsumsi bahan alami untuk mempercepat penyembuhan. Berikut ini bahan alami pereda sakit tenggorokan yang direkomendasikan:

1. Air garam
Dari sejumlah jurnal kesehatan, air garam diklaim sebagai bahan alami yang dapat membunuh bakteri, meredakan lendir, dan mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Cara konsumsi: campur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran itu untuk berkumur-kumur.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Selama Jakarta Dilanda Polusi Udara

2. Madu
Madu diyakini memiliki zat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meredakan peradakan di tenggorokan. Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam air hangat.

3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung zat antibakteri dan antivirus yang dapat melawan infeksi. Anda bisa memasukkan bawang putih ke dalam menu makanan Anda untuk meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Solusi Menyikapi Kualitas Udara Jakarta yang Buruk

4. Lemon
Lemon atau jeruk nipis dapat membantu memecah lendir. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu melawan infeksi dan peradangan.

5. Teh Herbal
Bahan herbal memiliki antiinflamasi yang meredakan peradangan. Teh herbal sebaiknya diseduh dan diminum dengan menggunakan air hangat

Butuh bantuan ?