Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tetap Produktif Selama Masa Pandemi Covid-19

9 Pebruari 2018


banyak orang belum terbiasa dengan konsep WFH. Lalu bagaimana caranya agar tetap produktif selama masa pandemi covid-19? 


Virus Corona (Covid-19) memaksa kita untuk melakukan banyak kegiatan dari rumah termasuk bekerja atau yang dikenal dengan istilah Work from Home (WFH). Namun karena ini kebiasaan baru,  banyak orang belum terbiasa dengan konsep WFH. Lalu bagaimana caranya agar tetap produktif selama masa pandemi covid-19? 

Pertanyaan itu rasanya akan terjawab di episode kelima podcast Life in the Time of Corona yang mengangkat topik “Tetap Produktif Selama Masa Pandemi Covid-19”. Di episode tersebut, Sequis dan Kantor Berita Radio (KBR) menghadirkan narasumber Yudi Surya Atmojo, seorang produser seni di Museum Nasional sekaligus praktisi WFH yang sudah menerapkan konsep bekerja seperti ini sejak 2013. Sebelumnya, ia adalah pekerja full time kantoran selama 20 tahun. 

Berdasarkan pengalaman Yudi, WFH memang butuh penyesuaian dan disiplin. Harus cerdas membagi waktu antara pekerjaan kantor dan mengurus rumah. Sehingga, ia menganjurkan agar para pelaku WFH sebaiknya mengelola stres.

“Dulu, saya butuh enam bulan untuk membiasakan disiplin jam mulai kerja, jumlah jam kerja, serta membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan hal lainnya. Jadi yang perlu ditanamkan dalam benak kita adalah semuanya perlu waktu untuk penyesuaian. Jangan stres untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Kita harus cerdas membagi waktu dan ingat untuk fokus ke hasil kerja. Bukan hanya sekadar durasi jam kerja,” saran Yudi. 

Hal lain yang perlu diadaptasi adalah alat kerja. Poin itu harus dimaksimalkan untuk mendukung kolaborasi dengan rekan kerja selama WFH. Ia menambahkan, sebaiknya ada report history kerja yang bisa digunakan serta dimonitor oleh teman kantor dengan harapan memudahkan kerja sama. 

“Ambil contoh, saya bekerja di salah satu project yang berkaitan dengan program story telling di museum. Dalam project tersebut ada riset tentang sejarah, pengembangan menjadi naskah, membuat hitungan bujet, dan lainnya. Kalau dari awal kami tidak melakukan kolaborasi dan bekerja sama mengelola alat kerja, tentu informasinya sudah tercerai berai. Jadi salah satu yang kami lakukan adalah memanfaatkan aplikasi cloud. Jadi, semua informasi semua ada di situ untuk kemudian dimonitor dan diperbaiki bersama,” ujar Yudi. 

Bila ingin mendengarkan informasi lebih lanjut mengenai cara menjaga lansia dari paparan Covid-19 serta penjelasan dari Yudi, Anda dapat mendengarkannya lebih lanjut melalui podcast Life in The Time of Corona yang tersedia di website kbrprime.id, aplikasi Spotify, Anchor, Breaker, Overcast, Pocket Casts, dan Radio Public (search: KBR Prime).

Butuh bantuan ?