Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Sequis: Jaga Kesehatan Keluarga Saat Musim Kemarau

28 Juni 2024



Seiring dengan perubahan musim, Indonesia diproyeksikan akan segera memasuki puncak musim kemarau 2024 yang diperkirakan BMKG akan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024. Musim kemarau tidak hanya mengindikasikan perubahan cuaca, tetapi juga membawa tantangan tersendiri bagi kesehatan keluarga. Suhu yang meningkat, udara yang kering, dan potensi kekurangan air dapat mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi setiap keluarga untuk mempersiapkan diri dengan langkah-langkah preventif agar tetap sehat selama musim kemarau.

Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu memberikan sejumlah tips kesehatan yang dapat diikuti oleh setiap keluarga selama musim kemarau. Pertama, dokter Fridolin menyarankan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Selanjutnya, ia menyarankan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan terutama saat siang hari, dan memperhatikan penggunaan perlindungan dari sinar matahari seperti topi, payung, dan tabir surya minimal SPF 30 saat berada di luar rumah.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral. Makanan seimbang ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim kemarau, memastikan tubuh terpenuhi dengan nutrisi yang diperlukan untuk melawan penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Contoh makanan yang disarankan termasuk sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, buah-buahan segar seperti jeruk, stroberi, dan kiwi, sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan, serta produk susu rendah lemak atau alternatifnya.

Penting untuk menjaga pola tidur yang cukup dan kebersihan diri. "Jaga pola tidur minimal 7 - 8 jam sehari, perhatikan kebersihan diri, dan bersihkan lingkungan sekitar untuk mengurangi risiko terpapar debu dan polusi udara yang dapat mempengaruhi kesehatan pernapasan selama musim kemarau," ujar dr. Fridolin.

Dokter Fridolin juga mengingatkan akan pentingnya melakukan vaksinasi bagi semua anggota keluarga, terutama vaksinasi influenza dan vaksinasi lain yang direkomendasikan oleh dokter. Ia juga mengingatkan selama musim kemarau untuk waspada terhadap tanda-tanda dehidrasi, heatstroke, atau penyakit lain yang cenderung meningkat selama musim kemarau. "Jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala seperti pusing, lemas, atau demam tinggi, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai," tutup dr Fridolin.

Melalui penerapan langkah-langkah preventif ini, harapannya setiap anggota keluarga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran mereka sepanjang musim kemarau, menjadikan keselamatan dan kesehatan keluarga sebagai prioritas utama. Dengan berfokus ekstra pada gaya hidup sehat, Anda dapat menghadapi tantangan kesehatan yang muncul dengan lebih baik. 

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan pentingnya proteksi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sebagai langkah mitigasi untuk menghindari kerugian finansial di masa sakit selama musim kemarau. Asuransi kesehatan salah satunya seperti Sequis Q Infinite Medcare Rider Series (Plan Lite) yang memberikan manfaat rawat inap, rawat jalan, dan manfaat pelengkap yang melindungi Tertanggung dari risiko sakit dan/atau kecelakaan, serta memberikan limit tahunan sampai dengan Rp10 miliar per tahun. 
 




 

Butuh bantuan ?