Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Rekomendasi Investasi Menguntungkan Selain Saham

5 April 2022



Terjun ke dunia investasi pasar modal (saham) memang butuh pertimbangan matang. Terutama bagi masyarakat yang belum memiliki ilmu dasar investasi. Tanpa arahan yang jelas, investor pemula berpotensi rugi karena ikut arus membeli emiten-emiten saham 'gorengan'.

Sebetulnya, banyak pilihan investasi yang bisa dipilih masyarakat. Tentunya investasi dengan risiko lebih rendah dibanding investasi di pasar modal. Berikut ini beberapa di antaranya yang layak dipertimbangkan.

1. Deposito
Investasi dalam bentuk deposito cukup populer di semua lapisan masyarakat. Dalam praktiknya, deposito adalah investasi berbentuk simpanan uang (dalam jumlah tertentu) di bank. Nah dari simpanan ini, nasabah akan mendapat keuntungan dalam bentuk suku bunga.

Besarnya suku bunga deposito biasanya ditentukan oleh banyak tidaknya uang yang disimpan. Juga oleh tenor penyimpanan uang. Nasabah bisa pilih sesuai tujuan keuangan dan kondisi finansial.

Baca Juga
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati

2. Reksa Dana
Reksa Dana merupakan salah satu bentuk investasi yang paling disarankan bagi Anda yang baru berencana untuk berinvestasi. Reksa dana dianjurkan bagi pemula karena menawarkan harga pembelian unit yang cenderung terjangkau. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam investasi reksa dana adalah memilih jenis produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan.
Ada empat macam produk di antaranya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Potensi risiko dan keuntungannya berbeda-beda. Dari semuanya, potensi mendapatkan return paling tinggi ada di reksa dana saham.  

Sequis menyediakan layanan Sequis Personal Assistant yang akan membantu Anda memilih produk investasi reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat menemukan solusi produk yang paling tepat di Solution Finder Sequis.

Baca Juga
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Di PHK saat Pandemi Covid-19? Yuk Atur Ulang Keuangan
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO

3. Emas
Jenis investasi ini sudah lama menjadi primadona. Sampai saat ini, emas juga masih dipilih masyarakat untuk berinvestasi karena dinilai memiliki pergerakan harga yang stabil dan mudah dicairkan. Emas yang digunakan untuk investasi adalah emas standar Logam Mulia (LM) dengan kadar kemurnian mencapai 99,99%. Bila tertarik dengan investasi emas, sebaiknya membeli emas LM di PT Aneka Tambang (Antam), Pegadaian, atau toko emas yang memiliki sertifikat asli dari Antam. Harga emas terus mengalami tren kenaikan sehingga investasi ini cukup menguntungkan. Namun imbal hasilnya baru didapat dalam waktu yang agak lama.

Butuh bantuan ?