Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Reksa Dana Pasar Uang yang Cocok buat Investasi pada 2023

28 Agustus 2023



Dalam penjelasan sederhana, reksa dana pasar uang diterbitkan oleh Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang memiliki legalitas dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Investor reksa dana akan menyerahkan sejumlah uang untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI).

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang berinvestasi di instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka, surat berharga pasar uang, dan instrumen utang jangka pendek dengan tingkat risiko yang relatif rendah.

Baca Juga: Keunggulan Investasi Reksa Dana Guna Meningkatkan Nilai Uang

Karakteristik utama reksa dana pasar uang adalah memperoleh tingkat pengembalian yang stabil dan relatif aman dalam jangka pendek.

Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai reksa dana pasar uang:

Tujuan Investasi
Reksa dana pasar uang bertujuan mempertahankan modal dan menghasilkan keuntungan yang stabil dalam jangka pendek. Investasi dalam reksa dana pasar uang cocok bagi investor yang memiliki tujuan keuangan jangka pendek dan ingin melindungi dana mereka dari fluktuasi nilai.

Modal Investasi Kecil
Modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai berinvestasi reksa dana pasar uang terbilang rendah. Investor dapat memiliki unit reksa dana hanya dengan Rp100 ribu. Bila menginginkan hasil yang lebih optimal, Anda dianjurkan untuk melakukan top up secara rutin.

Baca Juga: Apa Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang Dibanding Deposito?

Tingkat Risiko
Reksa dana pasar uang cenderung memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis reksa dana lain seperti reksa dana saham atau reksa dana pendapatan tetap.

Potensi Return
Tingkat pengembalian reksa dana pasar uang umumnya lebih rendah dibandingkan dengan reksa dana lain. Potensi keuntungan produk ini terbilang rendah, yaitu berada di angka 5-7%. Tidak berbeda jauh dengan bunga di deposito yang rata-rata berada di angka 5-6% per tahun. Timbal balik yang cenderung rendah ini tentunya setara dengan risikonya yang juga sangat kecil.

Baca Juga: Jenis Reksa Dana Untuk Kebutuhan Jangka Pendek

Likuiditas
Salah satu keuntungan utama dari reksa dana pasar uang adalah likuiditasnya yang tinggi. Investor dapat menarik dananya dari reksa dana tersebut dengan cepat dan mudah tanpa biaya penalti yang signifikan.

Mencari reksa dana pasar uang untuk berinvestasi pada 2023? Silakan pertimbangkan berinvestasi reksa dana pasar uang bersama PT Sequis Aset Manajemen (SQAM) selaku Manajer Investasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu produk reksa dana pasar uang Sequis adalah Reksa Dana Sequis Liquid Prima yang memiliki karakteristik diantaranya: tingkat pengembalian stabil, likuiditas tinggi, dan tepat untuk tujuan investasi jangka pendek.

Butuh bantuan ?