Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Sakit Tenggorokan? Obati dengan Minuman Alami Berikut Ini

19 September 2022



Sakit tenggorokan menjadi penyakit yang sering dialami oleh masyarakat selama masa pandemi covid-19. Gara-gara penyakit ini, penderita mengalami rasa nyeri, gatal, hingga kering di area tenggorokan. Normalnya, sakit tenggorokan dapat membaik sekitar 5-10 hari sejak gejala awal muncul.

Menurut berbagai jurnal kesehatan, sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyebab lainnya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:

1. Akibat menderita flu atau pilek karena terpapar infeksi virus jenis lain, termasuk covid-19
2. Alergi udara atau debu sehingga membuat tenggorokan iritasi
3. Merokok atau menghirup zat kimia tertentu
4. Menderita gerd karena asam dari lambung kembali ke kerongkongan yang menyebabkan timbul rasa sakit

Gejala yang ditimbulkan dari sakit tenggorokan beravariasi. Tergantung kondisi fisik penderita ketika gejala awal penyakit tersebut muncul. Namun, gejala umum yang biasanya muncul dari sakit tenggorokan adalah:
1. Rasa gatal di tenggorokan
2. Tenggorokan terasa kering
3. Rasa sakit ketika menelan makanan atau minuman
4. Tenggorokan terlihat lebih merah dari biasanya

Baca Juga
Penyakit Kardiovaskular: Kenali Jenis dan Langkah Antisipasi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Tips Mencegah Mata dan Badan Lelah saat WFO
Penyebab Utama dan Cara Antisipasi Penyakit Jantung
Mengenal, Mencegah, dan Melawan Diabetes dengan Asuransi

Penderita sakit tenggorokan akut sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Namun selama kondisi tidak terlalu parah, sakit tenggorokan bisa diobati dengan mengonsumsi racikan herbal berikut ini:

Madu
Air hangat yang dicampur madu serta perasan lemon diyakini dapat meredakan sakit di tenggorokan. Madu dan lemon mengandung antioksidan yang efektif mempercepat penyembuhan luka di tenggorokan

Air garam
Kumur air garam dapat mengurangi sakit tenggorokan sekaligus membunuh bakteri. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur segelas air hangat dan sedikit garam pada pagi dan sore hari secara rutin. Kumur air garam juga dapat meredakan sariawan dan menghilangkan bau mulut.

Air teh
Menurut CNN, minum air teh hangat yang dicampur dengan kayu manis bermanfaat meredakan sakit tenggorokan. Sama seperti lemon, teh punya kandungan antioksidan yang bisa mempercepat penyembuhan luka.

Air hangat
Mengonsumsi air hangat dalam jumlah yang cukup diyakini dapat mengatasi sakit tenggorokan. Dengan asupan air yang cukup, tubuh lebih mudah menghasilkan lendir guna menjaga tenggorokan tetap terhidrasi.

Tindakan medis perlu dilakukan bila sakit tenggorokan masih muncul usai mengonsumsi minuman herbal tersebut. Jangan lupa pula untuk antigen/pcr covid-19 karena ditakutkan ada indikasi terserang virus tersebut. Maklum, banyak pasien covid-19 mengeluh sakit tenggorokan pada awal-awal terserang virus. Gejalanya mirip seperti saat seseorang mengalami pilek atau radang tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan yang diakibatkan covid-19 bisa berlangsung selama tiga hari. Gejala ini lebih sering terjadi di orang dewasa berusia antara 18-65 tahun.

Butuh bantuan ?