Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Saya Ingin Berinvestasi, Bagaimana Cara Memulainya?

1 Agustus 2023



Segera investasi berapapun pendapatan yang Anda miliki pada saat ini. Dengan berinvestasi, Anda punya kans untuk meningkatkan nilai uang pada masa depan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai investasi:

Tetapkan Tujuan Investasi
Tentukan tujuan keuangan jangka panjang Anda. Misal, Anda ingin menabung untuk pensiun, pendidikan anak, membeli properti, atau sekadar punya uang untuk liburan ke Eropa pada 5 tahun mendatang. Tujuan ini akan membantu Anda menentukan jenis investasi yang cocok untuk mencapai target tersebut.

Baca Juga: Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi

Evaluasi Risiko dan Toleransi Risiko
Pertimbangkan tingkat risiko yang siap Anda hadapi. Investasi dengan imbal hasil tinggi tentunya memiliki risiko yang lebih tinggi. Sebaliknya, investasi dengan cuan yang terbilang kecil punya risiko kerugian yang kecil pula.

Pelajari produk investasi
Pelajari tentang berbagai instrumen investasi yang tersedia, seperti saham, obligasi, reksa dana, properti, atau investasi alternatif lainnya. Pahami cara setiap jenis investasi bekerja, lalu pahami risiko yang terkait, dan pelajari cara melakukan analisis investasi.

Baca Juga: Memahami Jenis-Jenis Investasi

Diversifikasi Portofolio
Diversifikasi menjadi salah satu kunci dalam mengelola risiko investasi. Sebisa mungkin, alokasikan dana Anda ke berbagai jenis investasi dan sektor yang berbeda. Bila satu investasi tidak menghasilkan hasil yang diharapkan, investasi lainnya dapat memberikan perlindungan dan potensi pengembalian yang lebih baik.

Rencanakan Sesuai dengan Jangka Waktu
Sesuaikan jenis investasi dengan jangka waktu tujuan Anda. Bila Anda memiliki tujuan jangka pendek (beli rumah dalam beberapa tahun mendatang), mungkin lebih baik memilih investasi yang lebih stabil dan likuid. Untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun, Anda bisa mempertimbangkan mengambil investasi dengan risiko lebih tinggi.

Pantau dan Evaluasi
Periksa dan tinjau secara berkala kinerja investasi Anda. Pantau perkembangan pasar dan revisi strategi investasi bila diperlukan.

Butuh bantuan ?