Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Simak Tips Ini Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Unit Link

13 September 2023



Asuransi jiwa unit link kerap dipandang sebelah mata. Terutama setelah banyak masyarakat yang merasa dirugikan atau tertipu oleh produk tersebut. Kasus terbaru terjadi pada akhir 2021. Ketika itu, nasabah asuransi unit link salah satu perusahaan asuransi swasta di Indonesia melakukan protes lantaran nilai investasi merosot tajam.

Asuransi jiwa unit link memang memiliki unsur proteksi dan investasi. Adanya unsur investasi tersebut menjadi daya pikat dari produk asuransi tersebut.  Namun seperti jenis investasi lainnya, investasi di asuransi jiwa unit link juga bisa naik dan turun mengikuti performa pasar saham.  Situasi ini yang kadang belum dipahami oleh masyarakat. Alhasil, masyarakat dan nasabah langsung geram ketika nilai investasi di asuransi jiwa unit link milik mereka tidak sesuai dengan ilustrasi awal.

Baca Juga
Kenalan dengan Unit Link, Cek Rekomendasi Produknya
Pilih Asuransi Tradisional atau Asuransi Unit Link?
Apa Sih Manfaat Asuransi Jiwa Unit Link?
Asuransi Unit Link: Asuransi dengan Fitur Investasi
Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Beli Asuransi Unit Link

Oleh karena itu, ada baiknya memahami kinerja serta manfaat asuransi jiwa unit link sebelum membelinya. Termasuk teliti faktor risikonya

Pahami Isi Polis Asuransi Jiwa Unit Link
Pelajari seluruh ketentuan yang tercantum dalam polis. Baca dengan saksama dan pahami seluruh manfaat dan risiko dari polis asuransi jiwa unit link yang Anda pilih. Jadilah calon nasabah yang kritis sebelum memutuskan untuk membeli polis unit link. Bila ada yang kurang jelas sebaiknya Anda tanyakan kepada agen asuransi.

Pahami Risiko Investasi dalam Asuransi Unit Link
Asuransi unit link merupakan kombinasi asuransi dan investasi. Sama seperti investasi lainnya, pergerakan investasi asuransi unit link juga fluktuatif. Naik dan turun nilai investasi bergantung ke kondisi ekonomi (domestik dan global), kondisi sosial politik, dan jenis investasi yang dipilih.

Membeli Polis dari Perusahaan Asuransi Jiwa dan Agen Asuransi yang Kredibel
Pastikan perusahaan asuransi tempat Anda membeli polis unit link sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Begitu juga terkait agen asuransi Anda. Pastikan agen tersebut sudah memiliki sertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Pilih Produk Unit Link yang Sesuai Profil Risiko Anda
Sesuaikan penempatan dana investasi tersebut dengan profil risiko Anda. Contoh, bila Anda adalah seseorang yang konservatif atau tak siap menghadapi risiko besar, ada baiknya asuransi unit link dengan penempatan modal unit link pasar uang. Sedangkan jika profil risiko Anda adalah agresif (siap menerima risiko besar) dan ingin keuntungan lebih tinggi, silakan pilih asuransi unit link dengan penempatan modal ke reksa dana saham.

Butuh bantuan ?