Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Sudah Tahu Istilah-istilah Umum dalam Polis Asuransi Anda?

3 Agustus 2022



Asuransi menjadi topik yang sering dibicarakan dalam dua tahun terakhir. Tepatnya sejak masyarakat mulai mencari asuransi akibat adanya pandemi covid-19. Dengan adanya asuransi kesehatan, masyarakat jadi tak kelimpungan ketika harus membutuhkan perawatan medis atau mendapatkan Uang Pertanggungan karena kematian yang terjadi begitu cepat karena serangan virus ini. 

Apakah Anda termasuk yang sedang mencari asuransi? Nah sebelum memilikinya, kenali beberapa istilah dalam polis asuransi terlebih dahulu. 

1. Polis Asuransi
Polis asuransi merupakan perjanjian atau kesepakatan berisi tentang hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Polis asuransi umumnya berbentuk kontrak tertulis dan ditandatangani atas dasar konsensual dari pihak-pihak yang terikat.

Baca Juga
Tata Cara Menutup Polis Asuransi Sequis
Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak

2. Premi Asuransi
Setelah nasabah dan perusahaan asuransi telah sepakat pada hal-hal yang telah tertulis dalam kontrak maka nasabah wajib membayar iuran premi secara periodik kepada perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi akan mengelola premi tersebut sebagai upaya untuk memberikan perlindungan jika terjadi risiko pada nasabah sesuai kesepakatan polus

3. Uang Pertanggungan
Bentuk pemenuhan kewajiban perusahaan asuransi terhadap nasabah asuransi jiwa adalah  pembayaran Uang pertanggungan dengan nilai yang telah disepakati ketika nasabahnya mengajukan klaim atas risiko kematian atau cacat  yang kondisinya sesuai dengan kesepakatan polis.

Baca Juga
Sudah Terima Polis? Jangan Lupa Manfaatkan Free Look Period
Pelajari Polis Asuransi Jiwa Agar Klaim Tidak Bermasalah

4. Tertanggung
Tertanggung merupakan orang yang ditunjuk oleh pemegang polis untuk menerima manfaat dari asuransi. Tertanggung haruslah keluarga inti dari pemegang polis atau pemegang polis itu sendiri. 

5. Risiko
Risiko merupakan seluruh kemungkinan buruk yang dapat menimpa Tertanggung yang tak dapat diduga kejadian dan waktunya. Tetapi dapat menyebabkan kerugian finansial bagi mereka yang mengalami. Bagi mereka yang memiliki asuransi jiwa dan kesehatan maka kerugian finansial, seperti biaya medis atau Uang Pertanggungan karena terjadi kematian akan dilimpahkan ke perusahaan asuransi.
 
6. Cash Value
Cash value merupakan sejumlah uang tunai yang akan diberikan kepada pemegang polis sebagai suatu bentuk kebijakan bagi nasabah yang memiliki dana tunai yang terbentuk dari premi yang diberikan (tergantung jenis produk asuransi). Pemegang polis dapat menarik cash value dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan perusahaan asuransi. 

7. Grace Period
Jika nasabah terlambat membayarkan kewajiban premi sampai tanggal jatuh tempo yang ditentukan akan diberikan masa tenggang sekitar 30 hari. Nasabah tetap tidak melakukan pembayaran premi hingga grace period berakhir maka perusahaan asuransi akan memberikan sanksi berupa polis lapse.

8. Lapse
Jika seorang nasabah tidak membayarkan premi asuransi hingga melewati grace period maka otomatis polis asuransi yang ia miliki akan lapse atau berhentinya kewajiban perusahaan asuransi memberikan proteksi dan tidak ada kewajiban untuk mengembalikan premi yang sudah dibayarkan. 

9. Rider
Rider merupakan manfaat asuransi tambahan yang dapat ditambahkan ke program asuransi dasar yang telah telah dimiliki. Misalnya, jika Anda membeli  produk asuransi jiwa Q Smart Life New Gen Insurance bisa menambahkan asuransi kesehatan Sequis Q Infinite MedCare Rider sebagai rider. Perlindungan double ini tentu akan memberikan proteksi yang maksimal bagi nasabah.

Demikian istilah-istilah yang terdapat dalam dunia asuransi. Jika Anda menemukan istilah asing lainnya yang ingin Anda ketahui atau belum dipahami dapat ditanyakan pada agen asuransi Anda atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau melalui email: care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?