Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahun Baru Waktunya Evaluasi Polis Asuransi

14 Desember 2023



Menyongsong awal tahun, ada baiknya Anda evaluasi kembali polis asuransi. Terutama evaluasi Uang Pertanggungan (UP) dan premi polis asuransi. Pastikan keduanya masih sesuai dengan kebutuhan saat ini. 

Idealnya, polis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dievaluasi secara berkala beberapa tahun sekali. Sebab, ada banyak perubahan hidup yang terjadi dalam rentang beberapa tahun sehingga polis asuransi butuh sedikit penyesuaian. Bila ternyata sudah membutuhkan proteksi yang lebih besar, jangan sungkan untuk meng-upgrade asuransi yang Anda miliki.

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Isi Polis 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengevaluasi polis asuransi jiwa atau asuransi kesehatan Anda adalah sebagai berikut:

Apakah ada Tambahan Anggota Keluarga Baru?  
Kebutuhan proteksi finansial bertambah seiring ada anggota baru di dalam keluarga. Intinya, UP yang Anda terima harus bisa menghidupi ahli waris bila Tertanggung meninggal dunia atau cacat yang mengakibatkan berhenti bekerja serta kehilangan pendapatan rutin.

Baca Juga: Serba-serbi Polis dan Tata Cara Tutup Polis Asuransi

Perubahan Pendapatan 
Karyawan swasta biasanya bakal menerima kenaikan gaji tiap tahun. Sebaiknya evaluasi polis asuransi jiwa Anda setelah 2-3 tahun menerima kenaikan gaji. Dengan gaji yang semakin naik, Anda jadi mampu untuk membayar premi yang lebih mahal. Dengan begitu, Uang Pertanggungan (UP) yang akan dapatkan juga makin besar.

Baca Juga: Tata Cara Menutup Polis Asuransi Sequis

Cek Kemampuan Finansial Saat Ini 
KPR dan Kredit usaha memaksa sebagian uang dari penghasilan Anda 'teralihkan'. Ketika sudah begini, segera evaluasi polis asuransi jiwa/asuransi kesehatan Anda. Usahakan uang yang Anda miliki masih bisa untuk membayar kredit dan premi asuransi. Bila dirasa cukup memberatkan, silakan revisi premi asuransi Anda.

Butuh bantuan ?